Breaking News:

Berita Bangka Barat

Kasus Positif Covid-19 Bangka Barat Mulai Melandai, Vaksinasi Dosis I Sudah 51 Persen

Percepatan vaksinasi di Kabupaten Bangka Barat terus dilakukan, namun capaian tahap pertama hingga saat ini masih berada di angka 51 persen.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com
Vaksinasi massal bagi ibu hamil di Gedung Graha Aparatur Pemkab Bangka Barat, Jumat (01/10/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Percepatan vaksinasi di Kabupaten Bangka Barat terus dilakukan, namun capaian tahap pertama hingga saat ini masih berada di angka 51 persen.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Putra Kusuma mengatakan belum tercapainya 70 persen membuat herd immunity masih belum terbentuk di Kabupaten Bangka Barat.

"Vaksinasi mempunyai peran, tetapi memang sampai ini peran vaksinasi belum terasa secara maksimal di Bangka Barat. Hal ini karena herd immunity kita belum mencapai 70 persen, karena vaksinasi kita baru mencapai 51 persen untuk dosis pertama dan 23 persen dosis kedua," ujar Putra Kusuma, Kamis (07/10/2021).

Walaupun peran vaksinasi belum maksimal, namun perkembangan kasus terkonfirmasi postif cenderung menurun. Bahkan angka kesembuhan pasien yang terkonfirmasi Covid-19, juga mengalami peningkatan.

Dari data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, terdapat 5.481 kasus terkonfirmasi postif Covid-19. Sedangkan angka kesembuhan 5.269, lalu untuk pasien yang masih menjalani isolasi sebanyak 82 orang.

Dengan adanya penurunan kasus terkonfirmasi, Putra menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Penguatan prokes memang tidak tercantum dalam indikator PPKM , tapi ini menjadi barometer bahwa semakin taatnya masyarakat maka semakin baik," tuturnya.

Baca juga: Video Gisel Terbaru Pakai Baju Tidur, Rambut Terurai Goyang Bareng 2 Pria, Ditonton 4,7 Juta Kali

Baca juga: Heboh Uang Koin Rp500 Dijual Mahal, Pria Ini Buktikan Jual Uang Rp500 Seri Macan Rp4 Juta Per Lembar

Baca juga: Terbaru! Tak Perlu Bayar Denda, Mulai Oktober Hingga Akhir Tahun Ada Pemutihan Pajak Kendaraan

Lebih lanjut pihaknya mengakui belum melakukan survei terkait kepatuhan masyarakat, namun kepatuhan protokol kesehatan menjadi bagian penting dalam penguatan terutama dalam masa PPKM.

"Memang kita belum pernah survei untuk kepatuhan masyarakat, tetapi harapannya seluruh masyarakat patuh menggunakan masker. Ini harus dilakukan dimanapun berada pada saat interaksi sosial maupun perkantoran, pasar, diwarung kopi dan aktivitas-aktivitas sosial," ungkapnya.

Sementara itu untuk meningkatkan percepatan vaksinasi, sejumlah gerai dan fasilitas kesehatan disediakan seperti di Puskesmas yang tersebar di seluruh Kecamatan.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved