Breaking News:

Tahun 2022, Bangka Belitung Fokus Pemulihan Ekonomi Hingga Bidik 6 Prioritas Pembagunan

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bersama Ketua DPRD Bangka Belitung melakukan pendatangan MoU

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: fitriadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bersama Ketua DPRD Bangka Belitung melakukan pendatangan Memorandum of Understanding (MoU) terhadap Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022 di Ruang Banggar DPRD Babel, Rabu (6/10/2021).

Dalam agenda ini hadir Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus Sekda Babel, Naziarto beserta tiga pimpinan dewan lainnya.

Dia menyebutkan arah kebijakan keuangan daerah masih di fokuskan pada pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat akibat dampak pandemi covid, disamping belanja yang bersifat wajib lainnya, serta di arahkan mendukung tema rencana kerja pemerintah pusat yaitu pemulihan ekonomi dan refomasi struktural.

Pada KUA PPAS APBD 2022 nanti, Bangka Belitung  bidik enam prioritas pembanguan utama yakni pembangunan agropolitan, pembangunan bahari, pembangunan pariwisata, peningkatan ekonomi masyarakat, pembangunan pendidikan, dan pembangunan Kesehatan.

Sementara arah prioritas 7 pembangunan penunjang akan difokuskan beberapa hal, yaitu pengembangan tata kelola pertambangan, pengembangan energi dan infrastruktur kewilayahan, pembangunan sosial, peningkatan tata kelola birokrasi dan pelayanan publik, pembangunan berdemokrasi, peningkatan pembangunan bidang kebencanaan dan pengendalian lingkungan hidup.

Diakui orang nomor satu di Babel ini untuk tahun 2022 dana perimbangan mengalami penurunan, penurunan dana terbesar dari dana, insentif daerah (DID) penghasilan asli daerah  direncanakan meningkata sebesar Rp. 814.514.935.188 atau 8 persen dari tahun 2021 dengan peningkatan paling besar pada pajak daerah.

Sementara, Ketua DPRD Bangka Belitung Herman Suhadi berharap ada peningkatan pendapat daerah (PAD) pada tahun 2022.

Dia mengapresiasi terobosan luar biasa  dalam Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022..

Pasalnya, Pemprov Bangka Belitung akan mulai berangsur membangun lima sekolah menengah atas (SMA) di beberapa wilayah meliputi di Sungailiat kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang, Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah, Jeriji Kabupaten Bangka Selatan dan Membalong Kabupaten Belitung. (*)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved