Breaking News:

Sambut Hari Pangan Sedunia Kampanye #MasakSetiapBagian bersama Cookpad Indonesia

Cookpad kembali hadirkan kampanye global #MasakSetiapBagian yang mengajak masyarakat di lebih dari 30 negara untuk mengurangi sampah dapur

Editor: khamelia
Dokumentasi cookpad
Cookpad kembali hadirkan kampanye global #MasakSetiapBagian yang mengajak masyarakat di lebih dari 30 negara untuk mengurangi sampah dapur dengan cara memasak dan mengonsumsi sisa bahan pangan yang biasanya mereka buang. 

BANGKAPOS.COM -- Cookpad kembali hadirkan kampanye global #MasakSetiapBagian yang mengajak masyarakat di lebih dari 30 negara untuk mengurangi sampah dapur dengan cara memasak dan mengonsumsi sisa bahan pangan yang biasanya mereka buang.

Hari Pangan Sedunia yang diinisiasi Food and Agriculture Organisation (FAO) merupakan salah satu hari peringatan yang esensial di kalender PBB. Diperingati setiap 16 Oktober, Cookpad mengambil peran aktif dalam momen ini melalui inisiatif #MasakSetiapBagian yang tahun ini telah memasuki tahun kedua di Indonesia.

Kampanye global #MasakSetiapBagian mengajak lebih dari 100 juta orang yang memakai Cookpad setiap bulannya untuk melakukan “rescue” pada sisa bahan pangan yang biasa dibuang, mengolahnya kembali menjadi bentuk masakan yang berbeda. Selain berkontribusi mengurangi limbah makanan, #MasakSetiapBagian membantu rumah tangga untuk menghemat pengeluaran, meningkatkan asupan gizi, sekaligus mendapatkan kreasi hidangan baru yang lezat.

“Kampanye #MasakSetiapBagian tahun lalu telah menghasilkan banyak resep masakan sehari-hari yang unik, salah satunya dari pengguna Cookpad di Indonesia yang membagikan resep bakso, steak dan burger dari kulit pisang,” ujar Cookpad Global Food Editor, Malou Herkes.

Tidak banyak yang tahu, kulit buah juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Diharapkan, dengan adanya edukasi yang lebih luas mengenai #MasakSetiapBagian, bersama kita bisa bergerak menuju perilaku mengolah bahan pangan yang lebih minim limbah.

“Menurut FAO, jika limbah makanan diibaratkan sebagai sebuah negara, maka ia merupakan penyumbang emisi gas terbesar ketiga di dunia,” lanjut Malou.

“Kita mungkin belum bisa bermigrasi ke gaya hidup ‘zero-waste’ dalam sekejap, tapi setidaknya melalui modifikasi sederhana dalam cara kita mengolah masakan sehari-hari, kita bisa berdampak nyata mengurangi limbah makanan.”

Dalam perhelatan Hari Pangan Sedunia tahun ini, sekaligus peluncuran kembali kampanye #MasakSetiapBagian, Cookpad Indonesia menghadirkan rangkaian acara:

Cookpad kembali hadirkan kampanye global #MasakSetiapBagian yang mengajak masyarakat di lebih dari 30 negara untuk mengurangi sampah dapur dengan cara memasak dan mengonsumsi sisa bahan pangan yang biasanya mereka buang.
Peri dapur (Dokumentasi Cookpad)

Peri Dapur

Pemberdayaan sejumlah pengguna Cookpad yang tersebar di beberapa kota Indonesia untuk menjadi penyuluh pentingnya #MasakSetiapBagian bagi komunitas mereka. Setiap Peri Dapur yang telah terpilih lewat proses seleksi, dibekali dengan berbagai kelas online untuk memperlengkapi mereka dalam menjalankan perannya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved