Breaking News:

Hukum Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, Begini Penjelasan Buya Yahya

Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap tahun sekali. Hukum merayakan Maulid Nabi, menghidupkan kembali Nabi pada kita itu hukumnya wajib

Penulis: Widodo | Editor: Teddy Malaka
INSTAGRAM @buyayahya_albahjah
Buya Yahya 

BANGKAPOS.COM -- Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW atau atau hari kelahiran Rasulullah diperingati setiap tahun sekali. 

 Seluruh umat muslim merayakan setiap 12 Rabiul Awal.

Lalu apa hukum merayakan maulid Nabi Muhammad SAW?

Apakah Nabi Muhammad juga memperingati Maulid Nabi?

Mungkin bagi kalian yang ingin tahu mengenai jawaban tersebut, Buya Yahya akan menjelaskannya. 

Dalam video singkat ceramah Buya Yahya melalui kanal  YouTube Al-Bahjah TV yang diposting pada 27 November 2019 lalu dirinya menjelaskan mengenai Maulid yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Rasulullah SAW tidak memperingati dirinya sendiri, tapi Rasulullah SAW memberi contoh untuk kita semua," katanya dalam video tersebut. 

"Jadi semua yang ada pada nabi perlu dihadirkan dan cara menghadirkan dengan seperti ini. Sebab yang ditiru semua perilaku nabi selaku tauladan," lanjutnya. 

Kendati umat Islam merayakan maulid Nabi, tapi hal tersebut tidak membuat Rasulullah SAW juga merayakan hari kelahirannya sendiri.

Dia menyebutkan, kita tidak hanya berbicara tentang kelahiran karena jelas istimewa tetapi kita ingin menghadirkan sunnah nabi di acara semacam ini. 

"Sebagai umat muslim kita harus mencontoh apa yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW karena hal itu sama halnya dengan merayakan Nabi Muhammad SAW," ujarnya. 

"Perayaan maulid Nabi adalah sebuah perkumpulan hamba-hamba Allah SWT yang diberi motivasi untuk mengenal, mencintai dan membela Nabi Muhammad SAW," lanjut Buya Yahya.

Maulid Nabi dapat dilakukan dengan menghadiri dan mendengarkan ceramah, berdzikir dan berdoa, serta mempraktikkan sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad SAW.

Sekedar informasi, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tidak pernah dilakukan di zaman Nabi Muhammad SAW, para sahabat, maupun generasi awal Islam.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved