Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sidak Tim Mabes Polri, Seluruh Personel Polres Pangkalpinang Tes Urine, Ini Hasilnya  

Divisi Propam Markas Besar (Mabes) Polri melakukan inspeksi mendadak atau Sidak ke Mako Polres Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babe

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Sejumlah Pejabat Utama Polres Pangkalpinang saat menyerahkan sampel urine kepada Tim Pemeriksa Divisi Provos Mabes Polri, di halaman Polre Pangkalpinang, Senin (11/10/2021). (Bangkapos.com/Cepi Marlianto) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Divisi Propam Markas Besar (Mabes) Polri melakukan inspeksi mendadak atau Sidak ke Mako Polres Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Senin (11/10/2021). Sidak tersebut dipimpin langsung oleh Pemeriksa Utama Divisi Propam Polri, AKBP Gunarso bersama tiga anggota lainnya.

Mereka juga didampingi oleh Kasubdit Provos Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kompol Yudha. Sidak ini ditujukan kepada Anggota Polres Pangkalpinang maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri.

Berdasarkan pantauan, Tim Pemeriksa yang terdiri dari tiga anggota Provos pelaksanaan sidak berlangsung setelah apel terhadap seluruh anggota Polres Pangkalpinang.

Kasubdit Provos Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kompol Yudha mengatakan, sidak tersebut dalam rangka penegakan ketrtiban dan kedisiplinan anggota Polri atau Gaktiblin.

"Kami melakukan sidak ini dengan harapan seluruh anggota Polri benar-benar disiplin dalam pelaksanaan tugas dan dapat melakukan pelayanan kepada masyarakat dengan baik," kata dia kepada Bangkapos.com, hari ini.

Selain itu kata Yudha, pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan sikap dan tampang hingga administrasi perorangan.

Mulai dari kartu tanda penduduk (KTP), surat ijin membawa senjata api sampai penekanan tentang standar operasional prosedur dalam pelaksanaan tugas.

Lebih dari itu seluruh personel Polres Pangkalpinang juga dilakukan pemeriksaan urine. Saat pengambilan sampel, sejumlah personil Provos Mabes Polri dan Polda Babel melakukan pengawasan secara ketat terhadap para personel.

"Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan personil di jajaran Polres Pangkalpinang jauh dari penyalahgunaan narkoba. Alhamdulillah hasilnya semua negatif," jelas Yudha.

Sementara itu, Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono, Senin (11/10/2021) menyambut baik kedatangan Divisi Propam Mabes Polri.

Menurut dia, seiring adanya Sidak tersebut dapat menjadi awal pembenahan kedalam internal Polri dijajaran Polda Bangka Belitung, khususnya Polres Pangkalpinang untuk menuju Polri yang Presisi atau prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan.

"Gaktiblin bagi anggota Polri menjadi hal yang utama yang harus dilakukan sebelum para personil terjun ke masyarakat. Mana mungkin masyarakat bisa merubah dirinya, jika anggota sendiri tidak memberi contoh yang positif," jelas Dwi Budi.

Kapolres berharap, denga adanya sidak sekaligus melakukan pengecekan Gaktiblin hingga tes urine mampu mengantisipasi terjadinya personel yang melakukan penyalahgunaan Narkoba.

"Saya juga sangat mengapresiasi sidak yang dilakukan Divisi Propam Polri. Kami berharap melalui pemeriksaan urine akan mampu mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan obat-obat terlarang di lingkungan Polri khususnya di Polres Pangkalpinang," tegas Perwira Melati dua ini. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved