Breaking News:

Berita Bangka Selatan

DPRD Dorong Bupati Basel Tetapkan Penjabat atau Sekda Definitif, Riza: Sudah Sesuai Aturan

Samson Asrimono mendorong Bupati Riza Herdavid untuk segera menetapkan Sekertaris Daerah yang dijabat Harris Setiawan sebagai definitif atau penjabat.

Penulis: Yuranda | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Yuranda
Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Samson Asrimono 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Samson Asrimono mendorong Bupati Riza Herdavid untuk segera menetapkan Sekertaris Daerah (Sekda) yang dijabat Harris Setiawan sebagai definitif atau dengan jabatan Penjabat (Pj).

Pasalnya, jika jabatan Sekda diisi oleh pelaksana harian (Plh) tidak dapat mengundangkan penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2021, sementara waktu penetapan APBD-P pada tanggal 30 November 2021 mendatang.

"Setahu saya bahwa Plh tidak memiliki wewenang untuk mengundangkan Perda APBD-P maupun pembahasan anggaran 2022. Yang kita khawatirkan sekarang sudah tanggal 11 Oktober kita belum melakukan pembahasan KUA PPAS induk 2022," ujar Samson, Selasa (12/10/2021).

Apalagi penetapan, katanya, setelah penetapan KUA PPAS 2022, akan ada penyampaian RAPBD induk 2022. Sedangkan, pihaknya masih punya waktu sampai dengan tanggal 30 November wajib ditetapkan dan disepakati oleh DPRD dan Pemkab.

Bukan tak mau, secara aturan legislatif tidak bisa melakukan pembahasan dengan pejabat Plh. Kecuali Pj. Untuk itu, dia mendorong bupati segera menetapkan jabatan Sekda dengan status Pj atau ditetapkan secara definitif sesuai hasil lelang.

"Hasil lelang sudah ada, kita tidak beri ultimatum, silakan mereka berpikir, yang jelas 30 November harus penetapan APBD 2022 dan pengundangan APBD-P 2021, karena beberapa bulan kemarin sudah kami tetapkan, hasil evaluasi provinsi juga sudah keluar," ucapnya.

Terpisah, Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, mengaku berterima kasih kepada legislatif yang telah memberikan masukan kepadanya.

Dirinya menyarankan, DPRD Kabupaten Bangka Selatan, menyurati bupati terlebih dahulu ngobrol bersama terkait status sekda.

Namun katanya, apaya yang ia lakukan sudah sesuai dengan aturan dan petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Saya apresiasi kepada kawan-kawan DPRD karena sudah memberikan masukan ini, baiknya surati bupati dan ngobrol ke bupati, jadi kawan-kawan update," kata Riza saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Selasa (12/10/2021).

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved