Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Penambang Ilegal Jarah Aset Pemkot Pangkalpinang

Penambang ilegal sendiri tidak berkutik dan hanya bisa menyaksikan dari kejauhan peralatannya diangkut paksa oleh petugas.

Penulis: Suhendri CC | Editor: fitriadi
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Tim Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pangkalpinang mengamankan sejumlah peralatan tambang timah ilegal yang beroperasi di lahan milik Pemerintah Kota Pangkalpinang di Air Mawar, Kecamatan Bukit Intan, Senin (11/10/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tim Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pangkalpinang menertibkan tambang timah ilegal yang beroperasi di lahan milik Pemerintah Kota Pangkalpinang di Air Mawar, Kecamatan Bukit Intan, Senin (11/10).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang Efran mengatakan, memang sudah menjadi tugas Satpol PP untuk mengawasi aset daerah.

"Sudah jelas ini adalah aset milik pemkot, tidak perlu ada peringatan, tidak ada yang namanya SP1 atau SP2 dan sebagainya. Kita sebagai eksekutor memang bertindak. Aset Pemkot Pangkalpinang tidak bisa digunakan sembarang tanpa persetujuan pusat," kata Efran, Senin (11/10).

Baca juga: Polres Pangkalpinang Lebih Selektif Beri Izin Keramaian di Masa PPKM

Dalam penertiban tersebut, personel Satpol PP mengangkut paksa sejumlah peralatan tambang seperti mesin, slang, karpet, hingga sakan. Bahkan, pikap dan mobil dalmas milik Satpol PP terisi penuh oleh peralatan tambang.

Penambang ilegal sendiri tidak berkutik dan hanya bisa menyaksikan dari kejauhan peralatannya diangkut paksa oleh petugas.

"Kami sudah mendapatkan surat permohonan dari Dinas Kelautan untuk dilakukan penertiban untuk menyelamatkan aset ini. Dan ini bukan pelanggaran perda (peraturan daerah) saja, tetapi pelanggaran aset, nanti tindak lanjutnya langsung tim aset," tutur Efran.

Ia menegaskan, pihaknya tetap melakukan tindakan sesuai prosedur dan mekanisme.

"Jelas, lahan yang dijadikan penambangan tersebut milik Dinas Kelautan Kota Pangkalpinang," ujarnya. (Bangka Pos/t2)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved