Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Cegah Bahaya Narkoba, Disparbudkepora Babel Gelar Pelatihan KIPAN Pada 28 Pemuda Bangka Tengah  

Sebanyak 28 pemuda dan pemudi daerah Bangka Tengah ikut pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) 2021 yang digelar oleh Dinas Pariwisata, Kebu

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Saat pelatihan KIPAN (Kader Inti Pemuda Anti Narkoba) 2021 yang digelar oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Bangka Belitung di Soll Marina Hotel, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (13/10/2021). (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Sebanyak 28 pemuda dan pemudi daerah Bangka Tengah ikut pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) 2021 yang digelar oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Bangka Belitung di Soll Marina Hotel, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan yang digelar dari tanggal 11 sampai 14 Oktober 2021 ini dalam rangka pembentukan pengurus KIPAN di tingkat kabupaten dengan tujuan untuk mencegah dan menjauhi para pemuda dan pemudi terjerat dan bahaya narkoba.

Pasalnya, kebanyakan kalangan yang terjerumus dalam zat adiktif ini mayoritas dari kalangan pemuda dan pemudi.

"Ini kami lakukan sesuai dengan amanah dari UU Kepemudaan Tahun 2009 Nomor 40, bahwa pemuda berhak mendapat perlindungan dari bahaya destruktif, salah satunya narkoba," ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Pelatihan KIPAN tingkat kabupaten dan kota sekaligus Kepala Seksi Pengembangan Pemuda Disparbudkepora Babel, Arifin Noor.

Dia menyebutkan dalam pelatihan yang digelar ada beberapa unsur materi yang disampaikan yakni unsur BNN, Polda, Disparbudkepora, dan KIPAN Provinsi yang telah terbentuk.

Hadir sebagai narasumber dari wakil rakyat yakni Ketua Komisi II DPRD Babel Adet Mastur, Ketua Komisi IV DPRD Babel H Jawarno, Sekretaris Komisi IV DPRD Babel Ranto Sendhu, dan Anggota DPRD Babel Dodi Kusdian.

"Sebanyak 28 peserta ini akan dilantik yang akan menjadi agen perubahan dan akan menjadi mitra BNN dan Polda dari kalangan generasi mudah, bagaimanan mencegah pengedaran narkoba dan edukasi bahaya narkoba bagi pemuda di Bangka Tengah," katanya.

Dia berharap dengan terbentuknya KIPAN di tingkat kabupaten ini, kepengurusan KIPAN bergerak dengan aksi yang nyata tak hanya wacana.

"Mereka kami minta membuat program tindaklanjut dari pelatihan ini, yang bisa mereka sampaikan kepada kami, akan kami support dengan melakukan pengawasan dan pembinaan atas pelaksanaan program agar dapat menyentuh kebutuhan pemuda di Bangka Tengah," katanya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved