Breaking News:

Cegah Penyakit Tidak Menular dengan Perilaku 'CERDIK' di Masa Pandemi

Inilah cara mencegah penyakit tidak menular dengan mengimplementasikan perilaku CERDIK, ini penjelasan dr Andri Kurniawan.

Penulis: Nur Ramadhaningtyas | Editor: Alza Munzi
Bangkapos.com
Acara Fit Talk Bersama dr Andri Kuniawan Direktur Rumah Sakit Kalbu Intan Medika yang dipandu oleh Cici Nasya Nita (13/10/2021). 

BANGKAPOS.COM - Direktur Rumah Sakit Kalbu Intan Medika (KIM) dr Andri Kurniawan mengatakan orang dengan penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung koroner, dan struk merupakan penyumbang angka tertinggi dari penyakit yang mematikan di dunia.

Dalam acara Fit Talk yang dipandu Jurnalis Bangka Pos Cici Nasya Nita, dr Andri menyampaikan cara tepat untuk mencegah penyakit yang erat kaitannya dengan gaya hidup ini.

"Penyakit tidak menular sebenarnya akrab di sekitar kita, jadi penyakit yang tidak ditularkan dari agen infeksi, berbeda dengan penyakit tipes, malaria itu kan ada agen infeksinya," jelas dr Andri.

Ia menyebut orang dengan penyakit tidak menular juga turut mempermudah bahkan memperparah seseorang terpapar COVID-19.

Maka dari itu dr Andri Kurniawan menyampaikan pentingnya mengecek kesehatan secara rutin sejak dini.

"Yang perlu temen-temen dan pemirsa ketahui adalah bahwa orang-orang dengan penyakit tidak menular harus melakukan pengecekan sedini mungkin," ujar dr Andri.

"Mencegah penyakit ini berlarut-larut dan menimbulkan komplikasasj yang tidak diinginkan," tambahnya.

Apabila mempunyai riwayat atau risiko seperti keturunan bahkan harus lebih aware dengan semakin rutin check up.

Dipaparkannya bahwa penyakit tidak menular ini selain berkaitan dengan gaya hidup juga berkaitan dengan usia, penyakit degerenatif, dan keturunan.

Ia kemudian menyampaikan tema yang dibawakannya hari ini berjudul CERDIK adalah sebuah singkatan dari kampanye yang sifatnya nasional.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved