Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dana Bantuan Parpol di Bangka Belitung Naik, PDI Perjuangan Dapat Rp919 Juta  

Dana bantuan keuangan untuk partai politik atau dana Banpol Pemprov Babel naik tahun ini. Dibanding sebelumnya Rp1.708 naik menjadi Rp6.000 untuk per

Penulis: Riki Pratama | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kabid Politik Dalam Negeri, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kesbangpol Provinsi Bangka Belitung. (Bangkapos.com/Riki Pratama) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dana bantuan keuangan untuk partai politik atau dana Banpol Pemprov Babel naik tahun ini. Dibanding sebelumnya Rp1.708 naik menjadi Rp6.000 untuk per satu suara. Dana banpol diberikan pemerintah berdasarkan hitungan nilai satu suara dikalikan jumlah perolehan suara.

Kabid Politik Dalam Negeri, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kesbangpol Provinsi Bangka Belitung, Suryadi, mengatakan, untuk pemprov telah naik yang sebelumnya Rp 1.708 menjadi Rp 6.000 per satu suara.

"Untuk pemprov belum ada kenaikan lagi, masih Rp 6.000 per satu suara sah, karena kenaikan ini baru tahun ini. Kenaikan untuk provinsi, tahun kemaren Rp 1.708. Itupun ada usulan dari parpol, jadi mereka mengusulkan bantuan partai politik ini ke gubernur, kemudian kita bentuk tim membas kenaikan tersebut," jelas Suryadi kepada Bangkapos.com, Rabu (13/10/2021).

Dia menambahkan hingga saat ini total Rp 2.787.264.000 yang telah disalurkan ke kas partai politik untuk tingkat Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Babel.

"Harapan kita Oktober ini selesai untuk disalurkan ke kas masing-masing partai politik. Sudah tersalurkan  ke kas parpol yang belum hanya ke Golkar dan Nasdem, dari total 9 partai yang sudah dikirimkan 7 partai, sisanya belum dan sudah di meja gubernur," lanjutnya.

Suryadi, menambahkan pertimbangan terjadinya kenaikan bantuan partai politik dilihat dari kemampuan keuangan kas daerah.

"Yang menjadi pertimbangan kenaikan tidak disitu ada bantuan untuk Covid-19, bantuan politik bisa penanganan Covid, jadi pertimbanganya selama tidak menggangu program prioritas. Tidak menggangu,  silakan naik, dari Kementerian juga ada aturan pelaksanaan anggaran itu. Karena ada kas tersendiri tidak menggangu kas yang prioritas," ujarnya.

Ia menjelaskan, kenaikan bantuan parpol tersebut sebelum mengalami kenaikan karena ajuan dari parpol, untuk tingkat provinsi, provinsi mengajukan ke Kementrian Dalam Negeri.

"Bantuan parpol provini Rp 6.000 rupiah per suara sah, ini bila ingin mengajukan kenaikan. Tentu harus kita ke Kementerian, kalau di kabupaten/kota ke gubernur, di kabupaten/kota ini untuk tingkatan DPC dan provinsi tingkat DPD," terangnya.

Bantuan di Kabupaten Meningkat

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved