Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Dinda Tak Mampu Tebus Harga Vaksin DPT di Faskes Swasta Kota Pangkalpinang Rp750.000

Ketersediaan Vaksin Difteri, Pertusis, Tetanus (DPT) di sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes) milik pemerintah seperti Puskesmas dan RSUD

Penulis: Herru Windharko (CC) | Editor: fitriadi
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Petugas dari Puskesmas Ketabang saat akan melakukan vaksinasi kepada siswa SD Negeri Kaliasin V Surabaya pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Kamis (15/10/2020). Pemerintah Kota Surabaya menggelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan program imunisasi Measles Rubella (MR) dan Human Papiloma Virus (HPV) untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari penyakit campak dan penyakit rahim. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Stok Vaksin Difteri, Pertusis, Tetanus (DPT) di sejumlah fasilitas kesehatan (Faskes) milik pemerintah seperti Puskesmas dan RSUD saat ini mengalami kekosongan.

Kekosongan vaksin DPT merek Pentabio yang merupakan subdisi pemerintah ini terjadi sejak 2-3 bulan lalu, tidak hanya di Kota Pangkalpinang tapi di semua kabupaten/kota yang ada di Bangka Belitung.

Namun berdasarkan penelusuran Bangka Pos, Selasa (12/10), vaksin DPT yang menjadi satu di antara vaksin wajib untuk imunisasi bayi tersebut dipastikan tersedia di beberapa faskes swasta di Kota Pangkalpinang.

Seperti di Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Kota Pangkalpinang, vaksin DPT tersedia cukup banyak. Bagian Poli Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT) Kota Pangkalpinang, Sisi Rajab mengakui stok vaksin DPT cukup banyak tersedia di RSBT.

"Untuk vaksin DPT dari pemerintah kosong, yang ada DPT berbayar dengan harga Rp750 ribu. Stoknya lumayan banyak, nanti sistemnya konsultasi dulu sama dokter anak," sebut Sisi kepada Bangka Pos, Selasa (12/10).

Baca juga: Sudah Keliling Puskesmas, Ibu Muda di Pangkalpinang Ini Cemas Bayinya Tak Dapat Vaksin DPT

Sama seperti di RSBT Kota Pangkalpinang, vaksin DPT juga tersedia di Rumah Sakit Siloam Bangka. Rumah Sakit Siloam Bangka menyediakan vaksin DPT jenis Boostrix yang bisa didapatkan masyarakat umum, namun jumlahnya terbatas.

Bagian Humas Rumah Sakit Siloam Bangka Yohan menyebutkan saat ini tersisa lima dosis vaksin lagi di Rumah Sakit Siloam Bangka.

"Saat ini stok hanya tersisa untuk 5 orang saja, dan harganya vaksin merek Boostrix Rp317.790," ujar Yohan kepada Bangka Pos, Selasa (12/10).

Dinda (32) warga Pangkalpinang mengaku harus bolak-balik ke Puskesmas untuk mencari vaksin DPT untuk bayinya. Putri keduanya yang baru berusia empat bulan itu semestinya sudah mendapatkan vaksin DPT.

Dia telah beberapa kali mendatangi Puskesmas yang berjarak sekitar 3 kilometer dari rumahnya. Tapi ternyata vaksin yang anaknya butuhkan tidak ada.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved