Breaking News:

KBI Catat Registrasi Resi Gudang Meningkat, Ayam Karkas Beku Jadi Komoditas Paling Banyak

PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mencatat pemanfaatan Resi Gudang di posisi Kuartal III 2021 terjadi peningkatan registrasi.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Dok/PT KBI
Ilustasi pemanfaatan resi gudang PT KBI 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) mencatat pemanfaatan Resi Gudang di posisi Kuartal III 2021 terjadi peningkatan registrasi.

Pasalnya dari sisi jumlah Resi Gudang yang diregistrasi, posisi di Kuartal III 2021 tercatat sebanyak 481 RG, meningkat 86 persen dari posisi yang sama di tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 258 RG.

Dari sisi jumlah komoditas yang di resi gudangkan, di tahun 2021 sampai dengan Kuartal III komoditas yang masuk ke resi gudang mencapai 10 komoditas, naik 43  persen dari periode yang sama di tahun 2020 yaitu sebanyak 7 komoditas.

Di Kuartal III 2021 juga diwarnai dengan masuknya komoditas baru, yaitu kedelai dengan 2 Resi Gudang yang diregistrasi.

Komoditas paling banyak diregistrasikan di kuartal III 2021 adalah ayam karkas beku dengan 118 RG, sedangkan di periode yang sama di tahun 2020, komoditas yang paling banyak di registrasi adalah Gabah dengan 160 RG.

Baca juga: BREAKING NEWS, Dorong TI Apung yang Kandas, Leher Pekerja TI Diterkam Buaya Sungai Melandut

Baca juga: Nahas, Pria Asal Riausilip Diterkam Buaya Saat Tarik Ponton TI, Korban Masih di Mulut Buaya

Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), Fajar Wibhiyadi, mengatakan terjadinya peningkatan pemanfaatan Resi Gudang ini merupakan hasil dari kegiatan edukasi serta sosialiasi yang terus menerus dilakukan bersama dengan berbagai pemangku kepentingan.

"Kita tahu, dalam mendorong pemanfaatan Resi Gudang, perlu upaya meningkatkan pemahaman para petani dan pemilik komoditas akan manfaat dari instrument ini.

Untuk itu, kami terus melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi, khususnya ke wilayah-wilayah yang menjadi sentra komoditas. Melihat pertumbuhan pemanfaatan Resi Gudang yang ada, ini menunjukkan bahwa instrument ini makin diminati masyarakat, khususnya para petani dan pemilik komoditas," jelas Fajar dalam rilis, Rabu (13/10/2021).

Pertumbuhan juga terjadi di volume serta nilai barang. Dari sisi volume barang, di tahun 2021 sampai dengan Kuartal III tercatat sebanyak 9,932 Juta Kg, atau mengalami kenaikan 65 % dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 yaitu sebesar 6,022 Juta Kg. 

Sedangkan dari sisi nilai barang, di tahun 2021 sampai dengan Kuartal III tercatat mencapai Rp 375,4  Miliar, naik 206 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 sebesar Rp 122,6 Miliar.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved