Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dua Tahun Terakhir Terjadi 42 Kasus Konflik Buaya dan Manusia di Babel  

Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bangka Belitung mencatat ada 42 kasus konflik antar buaya dan manusia yang terjadi di Bangka Belitung sejak

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
Darwinsyah/BangkaPos
Ilustrasi buaya di Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bangka Belitung mencatat ada 42 kasus konflik antar buaya dan manusia yang terjadi di Bangka Belitung sejak tahun 2020-2021.

Dengan rincian pada tahun 2020 ada 19 kasus dan tahun 2021 ada 23 kasus, serta dominan terjadi di Kabupaten Bangka.

Kepala Resort BKSDA Bangka Belitung Seftian menyayangkan terjadi konflik antar buaya dan manusia tersebut.

"Pada dasarnya kami menyayangkan, korban terjadi dari kedua pihak. Satu sisi kami melindungi satwa liar jenis buaya, satu sisi manusia pun banyak yang menjadi korban," ujar Seftian, Kamis (14/10/2021).

Dia membeberkan faktor penyebab terjadi konflik yakni karena tumpang tindih area aktivitas dan terjadinya kerusakan lingkungan

"Faktor utamanya adalah adanya tumpang tindih ruang aktivitas antara habitat buaya dengan aktivitas manusia. Selain itu juga kerusakan habitat menjadi faktor menurunnya pakan alami buaya sehingga konflik terus terjadi," katanya.

Untuk mengatasi permasalahan tentu tidak bisa bekerja sendiri, perlu sinergi banyak pihak karena rata-rata konflik justru terjadi di luar kawasan konservasi.

"Rehabilitasi habitat buaya dan pembagian ruang hidup antara buaya dan manusia bisa menjadi upaya pencegahan.  Selama habitat buaya masih rusak dan juga ruang hidupnya masih tumpang tindih, sulit menekan angka konflik," katanya.

Dia menilai rata-rata masyarakat telah mengetahui keberadaan atau habitat buaya.

"Himbauan kami agar lebih berhati-hati beraktivitas di sekitar habitat buaya. Umumnya, buaya optimal beraktivitas pada menjelang maghrib. Lebih waspada pada jam-jam tersebut walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi konflik di luar jam tersebut," katanya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)
 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved