Breaking News:

Berita Sungailiat

Vaksin Pfizer Akan Segera Kedaluwarsa, Dinkes Bangka Optimis Akan Habiskan Sebelum Masa Expired

Vaksin jenis pfizer dosis 1 yang sempat diterima Kabupaten Bangka beberapa waktu lalu, kini akan segera memasuki masa kedaluwarsa atau expired.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: El Tjandring
DW
Perusahaan farmasi Pfizer dan BioNTech mengklaim kandidat vaksin covid 19 yang mereka uji 90 persen efektif bisa melawan virus corona. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Vaksin jenis pfizer dosis 1 yang sempat diterima Kabupaten Bangka beberapa waktu lalu, kini akan segera memasuki masa kedaluwarsa atau expired.

Diketahui bahwa pada tanggal 3 Oktober 2021 lalu, Kabupaten Bangka menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mendapatkan vaksin Covid-19 jenis Pfizer.

Total ada sebanyak 7.800 vial vaksin Pfizer dosis 1 yang mana setiap 1 vial bisa diperuntukan bagi 6 orang sehingga jumlah yang diterima Kabupaten Bangka adalah sebanyak 46.800 dosis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti menyebutkan bahwa sampai saat ini vaksin Pfizer tersebut rutin digunakan di berbagai kesempatan.

Then menuturkan bahwa masa pakai atau masa berlaku vaksin pfizer hanya sampai tanggal 16 atau 17 November 2021 mendatang.

"Jadi vaksin pfizer ini akan kedaluwarsa 31 hari kedepan sejak tanggal 16 Oktober ini. Atau sekitar tanggal 16-17 November lah," kata Then saat dihubungi Bangkapos.com, Kamis (14/10/2021).

Ia menjelaskan, dari total 46.800 dosis vaksin pfizer, terdapat sebanyak 10.842 yang sudah terpakai dan yang tersisa saat ini adalah sebanyak 35.958 dosis.

Agar vaksin pfizer tersebut bisa habis sebelum masa kedaluwarsa, maka setiap harinya pihaknya harus menghabiskan setidaknya 1.000 dosis vaksin.

"Jadi vaksin pfizer ini awalnya dikeluarkan dalam kondisi beku minus 70 derajat celcius, oleh karena itu ada masa berlaku pemakaiannya," jelasnya.

Baca juga: Jasad Punggul Korban Terkaman Buaya Sudah Tak Utuh, Ditemukan 2 KM dari Lokasi Awal

Baca juga: Dua Pria Asal Muntok Terancam Penjara 20 Tahun, Terciduk Simpan Sabu 17,54 Gram dan 13 Butir Ekstasi

Baca juga: Video Gisel Terbaru Pakai Baju Tidur, Rambut Terurai Goyang Bareng 2 Pria, Ditonton 4,7 Juta Kali

Ia menyebutkan bahwa sampai detik ini, pihaknya terus gencar melakukan vaksinasi di berbagai waktu dan kesempatan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved