Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Bangka Belitung dan Lampung Buka Rute Penyeberangan Sadai-Mesuji, Ini Dampaknya bagi Masyarakat

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Pemprov Lampung sepakat menjalin kerja sama membangun jalur transportasi laut

Penulis: Herru Windharko (CC) | Editor: fitriadi
Diskominfo Babel
Nota Kesepakatan Bersama yang ditandatangani langsung antara Gubernur Babel Erzaldi Rosman dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Ruang Pertemuan UPTD DPUPR, Kabupaten Belitung, Rabu (14/10/2021). 

BANGKAPOS, BANGKA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Pemprov Lampung sepakat menjalin kerja sama membangun jalur transportasi laut guna pengembangan potensi daerah.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam MoU atau Nota Kesepakatan Bersama yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Ruang Pertemuan UPTD DPUPR, Kabupaten Belitung, Rabu (14/10).

MoU tersebut bersejarah bagi kedua provinsi.

Untuk pertama kalinya, Lampung-Babel sama-sama akan membangunan fasilitas transportasi laut yang menghubungi kedua provinsi,
melalui jalur penyeberangan antara Pelabuhan Mesuji di Kabupaten Mesuji, Lampung dan Pelabuhan Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, Babel.

Dalam kesepakatan tersebut, Gubernur Erzaldi mengatakan, kerja sama ini merupakan inisiasi pascakesepakatan kedua provinsi pada rakor gubernur se-Sumatera beberapa waktu lalu.

"Kami ingin mengembalikan kekuatan kawasan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) di Indonesia, khususnya dalam hal investasi, perdagangan dan pariwisata," ungkap Erzaldi memulai sambutannya.

Baca juga: Preman Kampung Ini Jadi Urusan Sang Jenderal, Ujungnya Kapolsek dan Kanit Reskrim Langsung Dicopot

Baca juga: Bocah 13 Tahun Kebanjiran Order Bikin Miniatur Truk di Simpang Tiga Pagarawan

Tujuan kerja sama ini, kata Erzaldi untuk mendorong dan memfasilitasi dalam penyediaan jalur transportasi antara pelabuhan di Babel dan Lampung

"Seperti perdagangan, diharapkan dapat mempersingkat bahan pangan dari kedua daerah," jelasnya.

"Disamping itu, seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak masyarakat Lampung yang berdomosili di Babel maupun sebaliknya. Dengan adanya pelabuhan ini juga akan memberikan alternatif mereka untuk berpergian ke daerah asalnya," lanjut Erzaldi.

Selain itu, kerja sama ini juga bertujuan untuk membuka peluang usaha yang lebih luas bagi pelaku perdagangan, investasi, dan pariwisata.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved