Breaking News:

Info PPKM

Inilah Aturan Baru Pelaku Perjalanan Internasional ke Indonesia, Masa Karantina Cukup 5 Hari Saja

Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan aturan baru soal pelaku perjalanan internasional yang mulai berlaku hari ini, Jumat 15 Oktober 2021

Editor: fitriadi
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Dua dari 47 warga negara asing (WNA) asal Fouzhou, China yang mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (6/5/2021). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Masa karantina pelaku perjalanan internasional ke Indonesia dipersingkat menjadi 5 hari saja.

Aturan baru ini berlaku untuk semua jenis pelaku perjalanan internasional melalui jalur udara, darat dan laut.

Hanya saja, untuk jalur udara ada pengaturan soal bandara yang akan jadi tempat pendaratan pelaku perjalanan internasional.

Kebijakan terbaru yang dikeluarkan Satgas Penanganan Covid-19 ini mulai berlaku hari ini, Jumat 15 Oktober 2021.

Selain durasi karantina, ada beberapa perubahan lain yang diatur melalui Surat Edaran Satgas No. 20 Tahun 2021 dan SK Kasatgas No. 14 tahun 2021 tentang perjalanan internasional pada masa pandemi Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut ada beberapa perubahan. Seperti mempersingkat durasi karantina menjadi 5 hari, waktu pelaksanaan tes ulang kedua RT-PCR di hari keempat karantina, dan pengaturan pintu masuk WNA yang ingin berwisata ke Indonesia melalui Bali dan Kepulauan Riau.

Kemudian menambahkan prasyarat administratif perjalanan selain kartu vaksin dan hasil negatif PCR.

Di antaranya, dengan Visa kunjungan singkat atau izin masuk lainnya, bukti kepemilikan asuransi kesehatan dengan minimal pertanggungan Rp100 ribu US Dollar yang mencakup pembiayaan penanganan Covid-19 dan bukti konfirmasi pemesanan dan pembayaran tempat akomodasi selama menetap di Indonesia.

"Keputusan untuk memperpendek durasi karantina dan memperluas kriteria WNA masuk Indonesia demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi seiring dengan upaya pengendalian kasus yang telah dilakukan. Keputusan ini dihasilkan dari pertimbangan matang berbagai ahli serta praktisi sektor terkait," kata Wiku dalam Keterangan Pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Video Gisel Pakai Tanktop Enjoy Goyang dengan Wijin Durasi 21 Detik yang Masih Beredar Disorot

Karantina merupakan upaya memitigasi risiko penularan sebesar-besarnya. Dengan pemangkasan waktu karantina, dari 8 hari menjadi 5 hari akan efektif menekan kasus jika dilakukan keenam langkah.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved