Breaking News:

Mapala Kopassas IAIN SAS Babel Peduli Masyarakat Dusun Pangkalraya

Komunitas Pencinta Alam-Sosial Syaikh Abdurrahman Siddik (KOPASSAS) Bangka Belitung kembali menggelar

Editor: Fery Laskari
IAIN SAS Bangka Belitung
Komunitas Pencinta Alam-Sosial Syaikh Abdurrahman Siddik (KOPASSAS) Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Komunitas Pencinta Alam-Sosial Syaikh Abdurrahman Siddik (KOPASSAS) Bangka Belitung (Babel) kembali menggelar Kegiatan Bakti Sosial dan Edukasi KOPASSAS (BASEK) yang dilaksanakan pada hari Kamis hingga Kamis (7-14/10/2021) bertempat di Dusun Pangkalraya Kelurahan Sungaiselan. 

Kegiatan kali ini mengusung Tema "Menumbuhkan Sikap Jiwa Sosial melalui Edukasi di Kalangan Masyarakat".
Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan Komunitas Pencinta Alam- Sosial Syaikh Abdurrahman Siddik ( KOPASSAS).

Diawali pembukaan di Kampus IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Acara dibuka langsung oleh Pembina KOPASSAS, Wahyudi, S.Pd.I., M.A dan pembukaan secara langsung di Dusun Pangkalraya yang dihadiri oleh perangkat desa serta sejumlah masyarakat sekitar.

Adapun agenda dalam kegiatan kali ini  mencakup ranah pendidikan dan sosial. Ranah sosial yang dilakukan di antaranya adalah, kegiatan sosialisasi tentang seputaran pupuk organik dari Dinas Pertanian Provinsi Babel dan sosialisasi tentang lingkungan hidup dari Wakhi Babel serta kegiatan sosialisasi dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Babel tentang budidaya udang skala rumah tangga atau ramah lingkungan.

Selain itu digelar kegiatan cek kesehatan dan vaksinasi untuk masyarakat Dusun Pangkalraya oleh Puskesmas Sungaiselan serta tak lupa melakukan santunan Lansia dan anak yatim-piatu dan dilanjutkan penanaman bibit pohon sebagai simbol pelestarian lingkungan.

Adapun kegiatan bersifat pendidikan di antaranya sosialisasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Babel. Target kegiatan ini adalah siswa-siswi SMP.

Pada agenda yang sama juga digelar kegiatan lomba melibatkan anak-anak  SD dan TK/PAUD. Kegiatan lomba tersebut yaitu, Lomba Azan, Lomba Lagu Kebangsaan, Lomba Mewarnai dan Lomba Qiraat Quran serta masih banyak kegiatan lainnya.

"Ucapan Terima kasih kepada seluruh masyarakat Dusun Pangkalraya atas partisipasinya pada kegiatan kali ini. Semoga  kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam menumbuhkan jiwa sosial terhadap masyarakat dan berharap agar pemerintah lebih peduli lagi dengan Dusun Pangkalraya baik dari segi pendidikan maupun pembangunan demi perkembangan dan kemajuan masyarakatnya," ujar Roihan Iqbal selaku ketua pelaksana.

Kadir, Ketua RW Dusun Pangkalraya, mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa Pencinta Alam KOPASSAS karena telah bersedia berkegiatan di dusun yang jauh dari keramaian kota.  "Kami selaku masyarakat di sini minta maaf apabila dalam penyambutannya kurang berkenan di hati. Harapannya semoga silahturahmi ini selalu terjalin dan untuk adik- adik mahasiswa selalu semangat dalam berkegiatan dimanapun itu," ujarnya.

Ahmad Parhan Selaku Ketua Umum KOPASSAS tak lupa mengucapkan Alhamdulillah meskipun dalam kondisi pandemi saat ini semangat para anggota tetap luar biasa. Ia berharap kegiatan yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Dusun Pangkalraya dan khususnya bagi anggota agar selalu menumbuhkan kepedulian terhadap sesama serta selalu berperan aktif dalam kehidupan sosial. "Karena katanya, sesuai yang tertuang pada Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian," ucap Ahmad. (*)

Penulis: Maria Ulfa

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved