Breaking News:

Berita Pangkalpinang

AETI Dorong Anggotanya Terapkan Good Mining Practices Dalam Penambangan Timah

Sekretaris AETI, Jabin Sufianto mendorong anggota AETI untuk mengimplementasikan Good Mining Practices (GMP) dalam proses penambangan timah.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Edwardi
Ilustrasi tambang rakyat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sekretaris Asosiasi Eksportir Timah Indonesia (AETI), Jabin Sufianto mendorong anggota AETI untuk mengimplementasikan Good Mining Practices (GMP) dalam menjalankan proses penambangan timah.

Hal ini disampaikannya dalam diskusi public yang bertajuk 'Tata Niaga Pengelolaan Timah untuk Meningakatkan Kontribusi dan Manfaat Bagi Bangsa dan Negara' yang diselenggarakan LSM Visioner, di Swissbell Hotel, Sabtu (16/10/2021) lalu.

Jabin menjabarkan, Indonesia menjadi produsen timah dunia, untuk itu dalam praktik penambangannya harus menerapkan GMP.

Selain itu, Jabin mengajak pelaku pertambangan timah di Indonesia untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan memanfaatkan teknologi yang mumpuni dalam menjalankan proses penambangan.

Berbagai peluang dalam bisnis pertambangan yang masih bisa diimprovisasi yakni teknologi eksplorasi, pertambangan baik on shore maupun off shore, pengolahan bijih, peleburan dan pemurnian untuk recovery rate dan peleburan slag timah.

"AETI mendukung untuk implementasi good mining practices melalui Roadmap of Responsible Tin Mining Practice," kata Jabin dalam rilis, Senin (18/10/2021).

Potensi cadangan timah di Indonesia cukup banyak, untuk itu AETI mendorong perusahaan untuk melakukan eksplorasi, dimana saat ini hanya sedikit perusahaan yang aktif dalam melakukan eksplorasi untuk membuktikan cadangan timah yang banyak.

Penambangan timah yang terintegarasi diawali dengan proses eksplorasi hingga pasca tambang menjadi bagian dalam proses menginplementasikan good mining practice.

Proses penambangan terintegrasi ini telah dilakukan PT Timah Tbk sebagai salah satu perusahaan pertambangan timah yang menjadi representasi negara. Hal ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan penambangan timah lainnya.

Baca juga: Inilah Sumpah Serapah Inul Daratista pada Rhoma Irama, Kini Istri Adam Bongkar Rahasia Hidupnya

Baca juga: Video Gisel Terbaru Pakai Baju Tidur, Rambut Terurai Goyang Bareng 2 Pria, Ditonton 4,7 Juta Kali

Baca juga: Terbaru Pengakuan Istri Ketiga Pak Tarno, Pramugari Cantik Ini Dibikin Tak Tidur Tiap Malam

Saat ini, menurut Jabin kegiatan eksplorasi banyak dikesampingkan perusahaan, karena perusahaan timah banyak bergantung pada penambang rakyat yang bermitra dengan pemilik IUP dimana para penambang memiliki cara/mitos sendiri untuk menemukan timah.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved