Breaking News:

Program kotaku,Masyarakat Desa Air Putih Kembangkan Agrowisata

Pengembangan sektor perekonomian se­perti Galeri,Rumah Produksi yg dibangun oleh Program Kotaku beberapa waktu lalu akan mendukung program agrowisata

Editor: Fery Laskari
Rizkipahlevy
Kawasan agrowisata di desa Air Putih Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pengembangan sektor perekonomian se­perti galeri, rumah produksi yang dibangun oleh Program Kotaku beberapa waktu lalu akan mendukung program agrowisata yang akan dibangun di Desa Air Putih Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Kepala Desa Air Putih, Ayun Permana menyatakan, terkait potensi Desa Air Putih yang bisa dikembangkan ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Untuk menggali potensi desa, mengembangkan usaha UKM dan menunjang perekonomian. Ada pembangunan fisik gedung tempat galeri hasil olahan jadi dipasarkan disitu, lalu ada rumah pengelolaan,” ujar Ayun Permana, Senin (18/10/2021).

Diketahui untuk Desa Air Putih melakukan berbagai pengolahan seperti keripik singkong, pisang hingga keripik ubi yang dapat dipasarkan melalui galeri pemasaran. Tak hanya membuat berbagai produk olahan, masyarakat di Desa Air Putih juga melakukan kegiatan penanaman seperti buah melon, labu air hingga kesek.
Selain mempunyai berbagai olahan yang dapat dijual, Desa Air Putih juga memiliki agrowisata yang juga diharapkan akan meningkatkan perekonomian masyarakat. “Akan kita jadikan tempat agrowisata, sementara dari Kotaku sudah membangun jalan lingkar. Lalu kita mengembangkan kolam pemandian anak dan dewasa, di area berdampingan dengan rumah produksi,” katanya.

Diketahui melalui Program Kotaku, jalan sepanjang 388 meter berbentuk lingkaran dibangun guna mendukung infrastruktur agrowisata yang kini tengah dikembangkan. “Jadi enak mutar-mutar keliling, buat lari pagi juga enak. Nanti kita juga bangun untuk lapangan voli, jadi kalau sore bisa ada kegiatan,” katanya.

Selain itu untuk sejumlah infrastruktur seperti galeri, rumah produksi hingga agrowisata, Ayun Permana mengungkapkan akan membuat badan usaha yang akan dimaksimalkan oleh masyarakat. “Kemarin dari Kotaku sudah diserahkan ke desa, cuma ke depan yang kami harus bentuk suatu pengelolaan. Apakah berbentuk BUMDes atau kelompok lembaga belum tahu, tapi yang jelas akan dijadikan badan usaha milik desa,” ucapnya.

Tak hanya didukung oleh pemerintah, Ayun Permana juga mengungkapkan kegiatan tersebut juga didukung pihak swasta dan tentunya masyarakat Desa Air Putih. “Pemda juga mendukung, kalau untuk kolaborasi dengan PT Timah juga dibantu WC, rumah pembibitan dan rumah ternak ayan kelompok. Jadi yang mengelola perempuan desa, dari galeri semuanya karena perempuan kita tangguh,” jelasnya.

Lebih lanjut dengan adanya berbagai program dari Kotaku, Ayun Permana mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu Desa Air Putih kian berkembang. “Kami sangat bahagia dan terima kasih, agar kami bisa mengembangkan kegiatan dan potensi kami. Semoga dengan adanya pembangunan, dapat menunjang dan ini juga dapat dilihat masyarakat luas,” katanya. (adv/riz)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved