Breaking News:

Vaksin DPT Subsidi Tak Langka Lagi di Ibukota, Ribuan Dosis Tersebar di Puskesmas di Pangkalpinang

Saat ini, vaksin yang diperuntukkan bagi bayi itu kembali tersedia di seluruh puskesmas di ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penulis: Suhendri CC | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Puskesmas Taman Sari, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kota Pangkalpinang tidak lagi mengalami kelangkaan vaksin difteri, pertusis, tetanus (DPT) yang disubsidi pemerintah.

Saat ini, vaksin yang diperuntukkan bagi bayi itu kembali tersedia di seluruh puskesmas di ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Della Rianadita, Senin (18/10/2021).

Della mengatakan, ada 2.500 dosis vaksin DPT merek Petanbio yang saat ini tersebar di puskesmas-puskesmas.

Sementara itu, sebanyak 2.500 dosis lainnya masih tersimpan di gudang penyimpanan vaksin.

"Jadi, kemarin langsung kami datangi ke pusat, Kementerian Kesehatan bagian imunisasi," kata Della. "Akhirnya, kami jemput langsung dan sudah tersedia kembali," ucapnya.

Menurut Della, vaksin BCG juga sempat mengalami kelangkaan. Namun, vaksin untuk mencegah TBC tersebut kini telah tersedia kembali sebanyak 6.000 dosis.

"Kemarin yang sempat mengalami kekosongan itu vaksin DPT untuk bayi dan vaksin BCG untuk mencegah TBC. Keduanya kini sudah tersedia kembali di puskesmas mulai hari ini (kemarin), semua masyarakat yang kemarin mencari-cari sekarang sudah bisa melanjutkan vaksinnya," ujar Della.

"Rentang usia bayi yang menerima vaksin DPT itu sebenarnya memang 2-5 bulan, tetapi tidak masalah kalau sudah ada keterlambatan bisa kembali dilanjutkan oleh para orang tua. Kalaupun lewat satu tahun tetap saja diberikan haknya, jadi penjadwalannya mundur," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, kesulitan mendapatkan vaksin DPT dialami warga Pangkalpinang, Ira (27). Ibu muda ini mengaku kesulitan mendapatkan vaksin DPT untuk buah hatinya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved