Breaking News:

Gubernur Jadikan SMKN 4 Pangkalpinang Sebagai Pusdiklatsus Pelaut di Wilayah Sumatera

Erzaldi Rosman berharap SSMK Negeri 4 Pangkalpinang menjadi sekolah unggulan kemaritiman dan menjadi Pusdiklatsus pelaut di wilayah Sumatera.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: El Tjandring
Diskominfo Babel
Gubernur Erzaldi saat berkunjung ke SMKN 4 Pangkalpinang, Selasa (19/10/21). 

BANGKAPOS.COM - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, berharap Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pangkalpinang menjadi sekolah unggulan kemaritiman dan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan khusus (Pusdiklatsus) pelaut di wilayah Sumatera. 

Harapan itu disampaikan Gubernur Erzaldi saat membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Pelaut Gelombang Pertama, kerja sama SMK Negeri 4 Pangkalpinang dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL), Kementerian Perhubungan Tahun 2021, di Ruang Laboratorium Navigasi SMKN 4 Pangkalpinang, Selasa (19/10/2021). 

Gubernur Erzaldi mengatakan, untuk mendukung SMK Negeri 4 Pangkalpinang menjadi pusat pelatihan pelaut, ke depan akan akan dilakukan penandatanganan Kerjasama/MoU dengan BP2TL Kemenhub, serta melengkapi fasilitas praktik seperti penambahan dua kapal yang dimiliki Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, sebagai sarana pembelajaran para siswa. 

Dengan semakin dilengkapinya fasilitas dan sarana pendukung sekolah ini, Gubernur Erzaldi berharap tidak ada alasan lagi untuk siswa yang telah lulus dari SMK Negeri 4 Pangkalpinang ini tidak menjadi pelaut, dan mendapatkan pekerjaan di bidang kelautan. Kepada para orang tua, gubernur berharap tidak ada lagi keraguan untuk menyekolahkan anak-anaknya ke SMKN 4 ini. 

"Semoga dengan fasilitas yang sudah lengkap, ditambah dengan pengajar SDM yang lebih profesional, kalian harus berhasil. Yang bisa membuat keberhasilan adalah kalian sendiri, bukan ketidakmampuan tetapi ketidakmauan. Jadi kalau kalian dari awal tidak bercita-cita menjadi pelaut jangan paksakan kalian menginjak SMKN 4 ini," ungkapnya. 

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMKN 4 Pangkalpinang, Zulkifli melaporkan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Pelaut dilaksanakan dari tanggal 18 Oktober hingga 2 November 2021.

Kegiatan yang diikuti oleh 103 peserta dari siswa SMKN 4 Pangkalpinang, sekolah-sekolah lain, dan perusahaan swasta untuk membekali para pelaut di bidang ketrampilan yang berstandar internasional, dengan mengisi materi diklat Basic Safety training (BTS), Medical First aid MFA, Advance Fire Fighting (AFF) dan Security Awareness Training (SAT).

Sementara itu, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL) yang sekaligus narasumber dalam pendidikan dan pelatihan, Capt Suganjar menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemprov Babel untuk melaksanakan diklat di SMKN 4 Pangkalpinang. 

Pihaknya sebagai lembaga diklat yang membidangi transportasi laut, siap mendukung apa yang menjadi Program Pemprov Babel, khususnya dalam peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia di bidang kelautan. Pihaknya juga berharap ke depan kerja sama ini terus berlanjut. 

Usai pembukaan kegiatan, gubernur bersama rombongan meninjau sejumlah fasilitas SMKN 4 Pangkalpinang. Salah satunya adalah Laboratorium Jurusan Pengolahan Hasil Perikanan/ Agrisbisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPi). 

Di tempat itu juga gubernur mencicipi hasil produksi makanan olahan Ikan, dan memberikan masukan untuk peningkatan kualitas produk yang dibuat oleh siswa SMKN 4 Pangkalpinang.

(Penulis: Lulus/Foto: Saktio/Editor: Rangga)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved