Breaking News:

Obat Alami Pengencer Darah, Penting Bagi Penyintas Covid-19 yang Rentan Penggumpalan Darah

Berikut ini obat-obat tradisional yang dapat membantu pengenceran darah. Penting bagi Anda penyintas Covid-19 yang rentan alami penggumpalan darah

via Kompas.com
Ilustrasi trombosis atau penggumpalan darah 

BANGKAPOS.COM - Para penyintas penyakit Covid-19 penting hukumnya unuk mengkhawatirkan kondisi tubuh pasca isolasi mandiri maupun melewati perawatan intensif selama 14 hari.

Usai kabar adanya badai sitokin yang heboh banyak menyerang para penyintas Covid-19. Penggumpalan darah dan store juga dikabarkan kerap menimpa penyintas Covid-19 dan beresiko meninggal

Ahli penyakit dalam Profesor Zubairi Djoerban menjelaskan penggumpalan darah merupakan salah satu keadaan yang dapat terjadi karena Covid-19.

Baca juga: Video Gisel Goyang Pargoy 15 Detik di Kolam Renang Bikin Warganet Terngiang-ngiang

Baca juga: Mulai 19 Oktober, Penerbangan Jawa-Bali Tak Perlu Lagi Tes Antigen, Cukup Penuhi Syarat Ini

Oleh karena itu dokter atau pasien harus memeriksakan keenceran darahnya. Selain itu, kekentalan darah juga harus diobati dengan benar dan biasanya membutuhkan waktu mengonsumsi obat selama enam bulan.

Jika tidak mendapatkan pengobatan,pengentalan darah dapat berujung pada kondisi penggumpalan darah. Jika hal ini terjadi di otak maka dapat menyebabkan stroke, jika terjadi di jantung dikenal dengan serangan jantung, atau bisa juga terjadi di kaki yang disebut dengan trombosis vena dalam (DVT).

Sebuah penelitian di Singapura menemukan orang yang telah pulih dari COVID-19, terutama yang memiliki kondisi kardiovaskular sebelumnya, mungkin berisiko mengalami penggumpalan darah karena respons kekebalan yang terlalu lama dan aktif.

Para ilmuwan Nanyang Technological University menemukan, pasien COVID-19 yang pulih memiliki dua kali jumlah normal sel endotel yang bersirkulasi (KTK) yang dilepaskan dari dinding pembuluh darah yang rusak.

Kondisi ini bisa dicegah dengan memberikan obat pengencer darah saat pasien pertama kali dirawat dan diteruskan dengan pantauan dokter.

Baca juga: PPKM Sampai 1 November, Sopir Logistik Hanya Antigen dan Naik Pesawat Semua Maskapai Wajib PCR

Baca juga: Tarif PCR Syarat Naik Pesawat Berlaku 19 Oktober- 1 November, Penumpang Lion Air Bisa Lebih Murah

Dokter biasanya akan meresepkan obat pengencer darah untuk pasien penyakit jantung dan pembuluh darah, lupus, aritmia (irama jantung tidak teratur), hingga trombosis vena dalam.

Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang dipercaya sebagai pengencer darah alami, di antaranya:

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved