Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tak Perlu PCR, Cukup Antigen Saja Jika Pelaku Perjalanan Babel dari dan ke Jakarta Penuhi Syarat Ini

Pelaku perjalanan dari dan ke Bangka Belitung bisa hanya melampirkan surat negatif antigen dengan syarat sudah dua kali dosis vaksin.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: El Tjandring
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Warga Tanjungpandan saat melakukan swab antigen di faskes Belitung beberapa waktu lalu 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pelaku perjalanan dari dan ke Bangka Belitung bisa hanya melampirkan surat negatif antigen dengan syarat sudah dua kali dosis vaksin berlaku efektif, Kamis (21/10/2021).

Namun tidak berlaku bagi pelaku perjalanan yang hanya mengantongi vaksinasi dosis pertama, tetap harus melampirkan negatif PCR.

Hal ini sesuai dengan surat edaran gubernur Nomor 550/0732/Dishub tentang pengendalian transportasi bagi pelaku perjalanan domestik di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung.

Surat edaran tersebut menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona.

"Iya, ke Jakarta misalnya udah bisa pakai antigen, sesuai dengan SE gubernur, karena status kita level 2, sedangkan bandara di Banten juga level 2 jadi boleh antigen dengam syarat vaksin dosis dua kali," ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo, Rabu (20/10/2021).

Namun, dia menambahkan pihaknya tetap menunggu surat edaran terbaru dari satuan tugas Covid-19 nasional.

"Saya berkomentar, saya tetap menunggu SE terbaru dari satgas Covid-19, karena sesuai dengan arahan Kementerian Perhubungan, adalah mengikuti aturan pelaku perjalana dari Satgas Covid-19, untuk pelaksanaan teknis di lapangan," katanya.

Juru Bicara Vaksinisasi di Bangka Belitung sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)
Juru Bicara Vaksinisasi di Bangka Belitung sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) (bangkapos.com)

Diakuinya, mengenai itu pihak Satgas Covid-19 nasional sudah melakukan pembahasan di pusat.

"Sebelum ada itu, kita masih mengikuti arahan yang ada dulu yakni SE 17, bahwa sehingga antara yang sama atau rendah bisa antigen, tapi kalau dari level tinggi ke rendah itu pakai PCR, " katanya.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved