Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Terbaru! Aturan Terbang dari Jakarta dan Palembang ke Babel Tak Wajib PCR Asal Syarat Ini Terpenuhi

Pelaku Perjalanan Dalam Negeri dengan moda transportasi udara dari dan ke Provinsi Bangka Belitung kembali diatur oleh Dinas Perhubungan Babel.

Penulis: Riki Pratama | Editor: El Tjandring
(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)
Aktivitas penumpang di Bandara Depati Amir Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan moda transportasi udara dari dan ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali diatur oleh Dinas Perhubungan Babel.

Aturan terbaru itu tertuang dalam surat edaran gubernur nomor: 550/0732/dishub tentang pengendalian tranportasi bagi pelaku perjalanan domestik di wilayah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Covid-19 Provinsi Babel.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zanuari Anizar, mengatakan, aturan tersebut disampaikan berdasarkan arahan Presiden Republik Indonesia terkait perpanjangan PPKM.

Ia mengatakan sesuai SE calon penumpang jalur penerbangan yang baru divaksin dosis pertama, masih diminta untuk keterangan hasil negatif PCR (H-2).

"Sementara untuk surat keterangan hasil negatif Antigen H-1 dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua atau surat keterangan hasil negatif PCR (H-2) jika masih memperoleh vaksinasi dosis pertama," jelas Zanuari, kepada Bangkapos.com, Rabu (20/10/2021).

Dia mengatakan, syarat negatif antigen diberlakukan untuk perjalanan dari Provinsi Bangka Belitung ke Jakarta dan Palembang, demikian sebaliknya.

"Alasannya kita karena sama-sama kebetulan Bangka Belitung level 2 ditambah Bandara Depati Amir berada di Bangka Tengah masuk PPKM level 2. Jadi konek sama levelnya, sehingga bisa menggunakan syarat negatif Antigen, dari Bangka Belitung ke Jakarta, Palembang begitu juga sebaliknya. Tapi, dengan catatan sudah dua kali vaksin," terangnya.

Baca juga: Video Gisel Goyang Pargoy 15 Detik di Kolam Renang Bikin Warganet Terngiang-ngiang

Dia mengharapkan kelonggaran perjalanan untuk penerbangan dilakukan sebagau upaya memudahkan dan membantu masyarakat yang ingin datang ke Babel.

"Kita ingin menarik orang datang ke Babel dengan tetap menjaga protokol kesegatan walaupun kecenderungan kasus Corona penularannya menurun. Kita juga ingin meringankan biaya perjalanan orang yang ingin berpergian," katanya.

Zanuari, menegaskan aturan syarat Antigen, tidak menghapus aturan terkait penggunaan Swab PCR, yang masih digunakan untuk calon penumpang.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved