Breaking News:

Berita Bangka Barat

Jambore Lingkungan Hidup 340 Pelajar Dan Pecinta Alam Bantu Jaga Kelestarian Bukit Penyabung  

Sebanyak 340 siswa SMA dan para komunitas pencinta alam mengikuti Jambore Lingkungan Hidup, di Bukit Penyabung Desa

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kegiatan Jambore di Bukit Penyabung, Desa Pelangas, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (21/10/2021). (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Sebanyak 340 siswa SMA dan para komunitas pencinta alam mengikuti Jambore Lingkungan Hidup, di Bukit Penyabung Desa Pelangas, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat.

Diketahui untuk bukit Penyabung juga merupakan objek wisata yang juga, berada dalam kawasan hutan rakyat dengan luas sekitar 90 hektare.

Kondisi alam yang sejuk dam asri, tentunya membuat Bukit Penyabung kian tepat dijadikan sebagai tempat Jambore untuk menjaga lingkungan.

Berbagai kegiatan dilakukan dalam Jambore relawan lingkungan diantaranya pentas seni relawan, lomba jelajah alam, Fordas (Forum Daerah Aliran Sungai) awards, lomba debat seputar lingkungan, lomba inovasi pengelolaan sampah, penanaman pohon dan lain sebagainya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari hingga Sabtu (23/10/2021), ini diadakan oleh Fordas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Fordas Bangka Belitung, Fadhillah Sabri mengatakan kegiatan Jambore dilakukan, untuk memberikan edukasi tentang kelestarian lingkungan bagi generasi muda.

"Mendidik generasi muda agar mereka itu paham terhadap permasalahan lingkungan hidup, setidaknya mereka itu tumbuh rasa senang, untuk memelihara lingkungan kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan anak-anak muda ini siapa lagi," ujar Sabri, Kamis (21/10/2021).

Selain itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Barat, Muhammad Ali yang juga hadir berharap kegiatan Jambore dapat menjaga objek wisata Bukit Penyabung.

"Kami mendukung kegiatan jambore relawan lingkungan ini, dengan terjaganya alam geosite Bukit Penyabung. Ini sangat membantu kami, untuk menjaga destinasi wisata di Bangka Barat. Keindahan alam yang dimiliki Bukit Penyabung ini luar biasa, kelestarian alamnya masih asri," tutur Muhammad Ali.

Sementara itu satu diantara pelajar yang mengikuti Jambore relawan lingkungan, Fajar mengaku mengikuti karena tertarik dengan pemahaman daerah aliran sungai.

"Saya antusias bang ikut disini, karena dalam pelajaran IPA itu kan belajar tentang alam liar lihat hutan atau batu besar, nah disini saya mau tau caranya bagaimana sih untuk mengelola alam yang baik secara langsung. Terus pengen tau cara memperbaiki sungai yang tercemar itu bagaimana caranya," kata Fajar. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved