Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik, Bawaslu Bangka Tengah Gelar Sosialisasi

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah menggelar sosialisasi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID)

Penulis: Sela Agustika | Editor: khamelia
(Bangkapos.com/Sela Agustika).
Bawaslu Bangka Tengah saat mengelar sosialisasi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID), di Hotel Soll Marina, Kamis (21/10/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah menggelar sosialisasi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID), di Hotel Soll Marina, Kamis (21/10/2021).

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto mengatakan, sosialisasi yang digelar bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat ataupun stakholder kepada Bawaslu dalam mengolah data kepemilihan serta bentuk  keterbukaan infomasi publik.

"Kegiatan sosialisasi PPID ini untuk menjelaskan kepada media dan stakeholder bahwa untuk meminta data di Bawaslu ini bisa diajukan continue secara online, intinya kita terbuka atas data ini," ujar Robianto, Kamis (21/10/2021).

Guna mempermudahkan maysarakat dalam mengetahui informasi terkait data pemilu atau pemilih ia mengatakan, pihaknya juga berinovasi dengan meluncurkam aplikasi Sistem Informasi Terpadu (Simadu).

""Si Madu adalah inisiatif kita dalam memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi mengenai Pemilu dan Pilkada, dengan harapan masyarakat bisa mengetahui berbagai informasi mengenai Bawaslu kapan pun dan dimana pun, bahkan hasil pengawasan juga akan tersistem di aplimasi ini," ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya aplikasi Simadu bisa menujang kerja pengawasan pemilu pada tahun 2024 mendatang.

"Aplikasi ini memudahkan kita untuk melakukan pengawasan. Harapannya pada pemilu 2024 nanti, kami sudah siap semuanya," tuturnya.

Sementata itu Anggota Bawaslu Provinsi Bangka Belitung (Babel), Dewi Rusmala selaku narasumber pada sosialisasi PPID mengatakan, keterbukaan informasi sangat penting di masa teknologi informasi yang semakin maju.

"Bawaslu di sini hadir sebagai salah satu lembaga yang berkomitmen memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat, karena dulu kami sering mendengar bahwa informasi yang kami miliki, katanya disimpan dan dirahasiakan. Komitmen kami saat ini jelas bahwa tidak lagi tertutup untuk informasi yang kita miliki," kata Dewi.

Ia menuturkan, Bawaslu memiliki banyak  program terkait keterbukaan informasi, baik secara internal dan eksternal.

"Kita punya media sosial dan website yang bisa masyarakat kunjungi dalam mencari informasi. Ke depannya, kami berharap masyarakat Bateng bisa mengambil atau menerima informasi terkait data Pemilu dan Pilkada yang ada di Babel dengan mudah," tuturnya.

Terpisah Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi mengapresiasi atas kegiatan yang digelar oleh Bawaslu, khususnya dalam keterbukaan data pemilu dan pemilih.

"Kegiatan ini sangat bagus sekali dan penting dalam memberikan transparan data pemilu dan pemilih kepada masyarakat. Semoga dengan kegiatan ini bisa memudahkan kegiatan pemilu ini," ujarnya. 

Bangkapos.com/Sela Agustika

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved