Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bangka Barat Tertinggi Serapan Anggaran Desa Capai Rp40 M, Anggaran Isoter Ada yang Tidak Dicairkan

Kabupaten Bangka Barat menjadi daerah dengan realisasi tertinggi anggaran desa, dengan nilai Rp 40.461.947.503,00

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Bangka Belitung, Budi Utama, menghadiri hari ulang tahun yang pertama Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Bangka Belitung, Jumat (22/10/2021) di Rumah Dinas Gubernur Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kabupaten Bangka Barat menjadi daerah dengan realisasi tertinggi anggaran desa, dengan nilai Rp40.461.947.503 dari pagu anggaran Rp61.297.214.000 atau 82 persen.

Sementara terendah untuk penyerapan anggaran desa, Kabupaten Belitung Timur Rp32.804.564.695 dari pagu anggaran Rp47.315.188.000 atau 73 persen.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Bangka Belitung, Budi Utama, mengatakan, untuk penggunaan dana desa penggunaanya disesuaikan dengan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD).

"Kalau ini menyesuaikan dengan RKPD dan tahun depan kita sudah bekerjasama dengan kabupaten untuk membantu memfasilitasi dari Kementerian Desa dan Keuangan memahami ataupun mensinkronkan petunjui teknisnya," jelas Budi Utama kepada Bangkapos.com, Jumat (22/10/2021) di rumdin gubernur.

Dia mengatakan, untuk anggaran desa setiap tahun ditetapkan oleh Kementerian Keuangan yang diberikan pada November nanti, untuk pagu anggaran tahun 2022 mendatang.

"Target kita kemarin sudah monev apa saja yang belum dibelanjakan alhamdulilah tidak ada mengenai kendala. Cuman seperti tempat isolasi terpusat di desa ada yang tidak terisi. Sehingga misal ada anggaran isoter untuk sewa rumah karena tidak ada pasienya tidak bisa dicairkan," terangnya.

Baca juga: Door ! Pelaku Pembunuh Istri Sendiri di Toboali Ditembak, Berikut Kronologis Penyergapan

Baca juga: Detik-detik Pria Pembunuh Istri di Toboali Ditangkap, Sembunyi di Bak Truk, Ini Rute Pelariannya

Dia menambahkan untuk bantuan langsung tunai dana desa (BLTDD) sudah diselesaikan dan tidak ada hambatan dalam pelaksanaanya. 

Selain itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Bangka Belitung, Budi Utama, juga telah menghadiri hari ulang tahun yang pertama Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Babel, di rumdin gubernur, Jumat (22/10/2021)

Budi mengatakan asosiasi ini merupakan wadah baru tempat berkumpul anggota BPD sampai ke tingkat kabupaten dan ini ulang tahun yang pertama kalinya dengan dilakukan rakerda.

"Kami berharap, bisa merujuk dalam visi misinya kepala daerah baik gubernur dan bupati, termasuk dapat mendukung desa, jadi sama dengan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) isinya semua kepala desa," katanya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved