Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dibangun Sejak 1940-an, Baru Hari Ini Masjid Kemas A'dil Perdana Gelar Salat Jumat Berjamaah

Sudah dibangun sejak 1940an lalu, masjid Kemas A'dil di jalan Ahmad Yani baru hari ini, Jumat (22/10/2021) menggelar salat jumat berjamaah perdana.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil saat menjadi khatib salat Jumat di Masjid Kemas A'dil di jalan Ahmad Yani baru hari ini, Jumat (22/10/2021) ketika menggelar salat jumat berjamaah perdana. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Sudah dibangun sejak 1940an lalu, masjid Kemas A'dil di jalan Ahmad Yani baru hari ini, Jumat (22/10/2021) menggelar salat jumat berjamaah perdana.

Salat jumat berjamaah itu pula dihadiri langsung oleh Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen), dan bertugas menjadi khatib atau imam Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pangkalpinang Syamsuni Soleh.

Ketua Pengurus Masjid Kemas A'dil Sundari menyebut, selama dibangun memang masjid ini tidak pernah melaksanakan salat Jumat berjamaah.

Hal ini mengingat masjid yang ada dekat kawasan tersebut masih belum terisi penuh.

"Selama ini kalau jumatan di masjid-masjid dekat sini itu belum penuh, makanya dulu kita sepakat untuk memenuhkan masjid yang ada dulu. Jangan semua melaksanakan tapi masjidnya tidak terisi penuh," kata Sundari saat ditemui Bangkapos.com, Jumat (22/10/2021).

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil berfoto bersama usai salah jumah berjamaah perdana di Nasjid Kemas A'dil di jalan Ahmad Yani, Jumat (22/10/2021).
Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil berfoto bersama usai salah jumah berjamaah perdana di Nasjid Kemas A'dil di jalan Ahmad Yani, Jumat (22/10/2021). (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Dia mengatakan, hingga akhirnya setelah ada penambahan jumlah penduduk beberap masjid telah terisi penuh bahkan kekurangan lahan.

"Nah sekarang dekat kawasan sini itu masjidnya sudah penuh, makanya baru kita laksanakan salat jumat berjamaah di masjid ini,  dan kita sudah siap tinggal melaksanakan saja SDM kita juga sudah siap dan adanyang sedang dididik," tuturnya.

Sundari menyebut, mulai hari ini hingga jumat berikutnya masjid Kemas A'dil di jalan Ahmad Yani sudah menggelar salat jumat berjamaah yang bisa diikuti oleh masyarakat sekitar ataupun tamu lain yang datang.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil yang juga turut hadir dalam salat jumat perdana di masjid Kemas A'dil itu mengatakan, ini juga sebagai bemtuk pemersatu umat sebagai bukti kecintaan kepada Nabi Muhmmad SAW.

"Mudah-mudahan ini dapat keberkahannya dengan adanya salat jumat disitu juga dapat memberikan keberkahan untuk masyarakat sekitar. Pesan Nabi kita juga jangan sampai umatnya terpecah belah harus bersatu, dan sebagai bentuk kecintaan kita kepada Nabi besar Muhammad SAW," ungkap Molen.

Menurutnya, ini juga sebagai upaya menunjukan keberkahan, persatuan, kekompaka sesama umat muslim.

"Ini saya upayakan untum hadir, kita tegakan disini, menunjukan bahwa masjid Kemas A'dil ini kekompakan dan keberkahan ada di masjid ini," ucapnya.

(Bamgkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved