Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Fix ! 24 Oktober 2021 Syarat Penerbangan Wajib PCR Kembali Diberlakukan di Bangka Belitung

Syarat perjalanan dengan pesawat udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR mulai berlaku efektif pada 24 Oktober 2021

Penulis: Riki Pratama | Editor: khamelia
Bangkapos.com/Riki Pratama
Aktivitas keberangkatan calon penumpang di Bandara Depati Amir, pada Kamis (21/10/2021) siang terlihat ramai. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Syarat perjalanan dengan pesawat udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR mulai berlaku efektif pada 24 Oktober 2021 mendatang.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 nomor 21 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Hingga batas 23 Oktober nanti, menaiki pesawat masih dibolehkan menggunakan tes antigen.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo, mengatakan dalam aturanya apabila ingin berpergian ke pulau Jawa-Bali nantinya harus menggunakan hasil negatif RT-PCR.

"Kalau mau ke pulau Jawa-Bali harus pakai PCR sama dari semua daerah lah. Kemudian daerah yang level 3 dan level 4 baik di luar Jawa-Bali mau keluar-masuk itu juga PCR. Kemudian daerah luar Jawa-Bali level 1 dan 2 itu boleh pakai PCR atau antigen. Seperti dari Bangka ke Jakarta, Belitung ke Jakarta dan sebaliknya menggunakan PCR karena bandara yang di Tanggerang masuk Jawa-Bali," jelas Bangun kepada Bangkapos.com, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Kenal Lewat WA, Minta VC Tak Senonoh, Gadis Ini Akhirnya Disetubuhi Peternak Sapi di Bangka Tengah

Baca juga: Istri di Toboali Digauli Sebelum Dicekik hingga Tewas, Terkuak Rafly Kerap Nyabu, Ini Lengkapnya!

Baca juga: Terungkap Cara dan Alasan Rafli Bunuh Ella yang Baru Saja Ia Nikahi, Berhubungan Badan dan Baca Chat

Bangun menegaskan bunyi dalam aturan surat edaran tersebut, apabila keluar masuk pulau Jawa-Bali serta daerah Level 3 dan Level 4 harus menggunakan hasil tes negatif RT-PCR.

"Kalau lihat level itu dapat dilihat pada kabupaten/kota tujuan, seperti Bandara Depati Amir keberadaanya di Bangka Tengah jadi level 2. Apabila Depati Amir di Pangkalpinang ia level 3 sesuai Inmendagrinya. Kemudian untuk bandara yang di Belitung masuk level 3," kata Bangun.

Sementara untuk perjalanan udara dari Pulau Bangka ke Belitung dan sebaliknya, Bangun, mengatakan masih ditanyakan ke pemerintah pusat untuk aturannya.

"Dari Bangka ke Belitung sedang ditanyakan ke pusat, karena antar provinsi satu wilayah boleh tidak menggunakan antigen masih kita tanyakan. Untuk ke Palembang apabila berangkat dari Depati Amir, karena Palembang level 2 boleh menggunakan PCR atau antigen begitu juga sebaliknya. Tetapi dari Belitung ke Palembang harus PCR karena Belitung level 3," lanjutnya.

Disinggung bagaimana dengan aturan Surat Edaran (SE) Gubernur Babel nomor 550/0732/dishub, menjelaskan pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dengan moda transportasi udara dari dan ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menunjukan surat keterangan hasil negatif Antigen (H-1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua atau surat keterangan hasil negatif PCR (H-2) jika masih memperoleh vaksinasi dosis pertama. Ia mengatakan akan dilakukan perbaikan.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved