Breaking News:

Berita Bangka Barat

Pemkab Bangka Barat Utang Rp42 M Bangun Sport Hall untuk Persiapan Tuan Rumah Porprov 2023

Pemkab Babar berencana berutang Rp42 miliar untuk merampungkan pembangunan Sport Hall, yang berada di Desa Airlimau, Kecamatan Muntok, Babar.

Penulis: Ajie Gusti Prabowo (CC) | Editor: nurhayati
(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).
Kondisi pembangunan Sport Hall di Desa Air Limau, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat yang belum rampung, Kamis (21/10/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat berencana berutang Rp42 miliar untuk merampungkan pembangunan Sport Hall, yang berada di Desa Airlimau, Kecamatan Muntok, Bangka Berat.

Diketahui Sport Hall ini nantinya, dipergunakan sebagai kebutuhan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 di Kabupaten Bangka Barat.

Dari pantauan Bangkapos.com, Kamis (21/10), bangunan tribun yang mengelilingi lapangan ini, sudah terlhat berdiri kokoh. Namun kondisi berbeda terlihat pada lapangannya.

Kondisi lapangan masih berbentuk hamparan tanah kosong. Bahkan, terdapat banyak bongkahan kayu serta akses jalan yang masih berupa tanah merah. Kondisi ini terjadi, karena pembangunan terhambat pada anggaran.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Babar, Abimanyu mengatakan langkah utang ini dilakukan Pemkab Bangka Barat dikarenakan anggaran banyak dialokasikan untuk penanganan Covid-19.

"Itulah yang menjadi permasalahan kita sebenarnya, kalau seandainya tidak ada Covid-19 tidak perlu minjam (utang, red), karena selama Covid-19 dari 2019, terus 2020 kita defisit," ucap Abimanyu.

Diakuinya, Pemkab Bangka Barat memang mengalami defisit sekitar Rp80 miliar, dikarenakan transfer pusat ke daerah, seperti DAU berkurang.

"DAU kita turun sekitar Rp80 miliar, belum lagi dana-dana lainnya. Nah itulah yang menyebabkan kita defisit, sedangkan itu harus diselesaikan. Jadi komitmen kita baik Pemda maupun DPRD, kita harus menyelesaikan, itu harus dicari sumbernya dari mana," ucapnya.

Pihaknya mengakui saat ini tengah dalam persiapan dokumen peminjaman anggaran tersebut.

"Sudah dimulai tapi tetap masih perlu kajian. Jadi sekitar Rp42 miliar untuk Sport Hall dari APBD, untuk stadionnya itu dari dana bantuan pemprov," kata Abimanyu.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved