Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Peringati Hari Santri Nasional, Wali Kota Pangkalpinang Ajak Santri Miliki Komitmen Bela Tanah Air

Peringatan hari santri nasional Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menggelar upacara bendera merah putih di Alun-alun Taman Merdeka

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
Ist/Prokopim PGK Iwan
Peringatan hari santri nasional Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menggelar upacara bendera merah putih di alun-alun taman merdeka Kota Pangkalpinang, Jumat (22/10/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Peringatan hari santri nasional Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menggelar upacara bendera merah putih di Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Jumat (22/10/2021).

Pada kesempatan ini yang bertugas langsung sebagai inspektur upacara Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen).

Kegiatan ini juga diikuti oleh peserta upacara santri-santri dari berbagai pondok pesantren di Kota Pangkalpinang hingga Kabupaten Bangka.

Dalam sambutannya Maulan Aklil menyebut, upacara ini kali pertama dilaksanakan di Alun-alun Taman Merdeka, apalagi sebelumnya terbatas untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan.

Peringatan hari santri Nasional tahun 2021 ini mengambil tema "Santri Siaga Jiwa dan Raga".

Mengutip sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Molen mengajak para santri wajib memiliki serta menumbuhkan komitmen bela Tanah Air di sepanjang hidupnya, sebab peran santri vital dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan.

"Ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia," kata Maulan Aklil yang akrab disapa Molen.

Molen mengatakan bela Tanah Air ini sesuai dengan tema yang diangkat pada tahun ini yakni Santri Siaga Jiwa Raga.

Para santri adalah aset luar biasa yang dimiliki Indonesia. Dari para santri inilah bangsa Indonesia memiliki karakter yang kuat.

Menurut Molen, siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati, akhlak, bepegang teguh pada akidah, nilai dan ajaran Islam serta tradisi leluhur bangsa Indonesia.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved