Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Mulai Hari ini, Terbang ke Wilayah Jawa-Bali dari Bandara Depati Amir Berlaku Syarat RT-PCR

Bandara Depati Amir di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung Mulai Minggu 24 Oktober 2021 berlaku syarat RT-PCR bagi calon penumpang.

Penulis: Riki Pratama | Editor: El Tjandring
TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) menjadi syarat penerbangan ke wilayah Pulau Jawa-Bali. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bandara Depati Amir di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung Mulai Minggu 24 Oktober 2021 mulai memberlakukan syarat RT-PCR bagi calon penumpang.

Hal ini sesuai ketentuan Surat Edaran Menteri Perhubungan (SE Menhub) Nomor 88/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

Berdasarkan ketentuan SE tersebut, penumpang pesawat yang berangkat dari dan ke Bandara Depati Amir dari pulau Jawa-Bali wajib menunjukkan surat vaksin minimal dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR dengan sampel maksimal diambil 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Manager Of Airport Operation & Service, Bandara Depati Amir, Erwin Adiyasha, mengatakan mereka akan menyesuaikan berkaitan persyaratan perjalanan calon penumpang.

"Kita menyesuaikan dari ketentuan yang diterbitkan terkait persyaratan perjalanan calon penumpang. Di mana menyikapi ketentuan ini kami akan mengkoordinasikan langkah yang diperlukan agar penumpang di Bandara Depati Amir benar-benar dapat melayani dengan baik," jelas Erwin kepada Bangkapos.com, Minggu (24/10/2021)

Erwin menambahkan mereka akan memberikan pelayanan operasional secara maksimal agar dapat berjalan dengan baik.

"Kami akan melakukan penyesuaian, menyikapi langkah-langkah yang ditentukan. Terus berkoordinasi mempersiapkan hal dibutuhkan baik oleh mitra yang ada di Bandara Depati Amir dan segala bentuk informasi oleh calon penumpang," kata Erwin.

Baca juga: Video Gisel Goyang Pargoy 15 Detik di Kolam Renang Bikin Warganet Terngiang-ngiang

Baca juga: Pasti Dicap Jutawan Kalau Punya Uang Kertas Rp100 Perahu Layar Lalu Laku Dijual Rp100 Juta

Baca juga: Uang Koin Rp 500 Gambar Melati Dijual Rp 100 Juta hingga Rp 400 Juta, Bank Indonesia Beri Penjelasan

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo, menjelaskan aturan berpergian ke pulau Jawa-Bali berdasarkan surat edaran harus menggunakan hasil negatif RT-PCR.

"Kalau mau ke pulau Jawa-Bali harus pakai PCR. Kemudian daerah di luar Jawa-Bali yang level 3 dan level 4 keluar masuk juga PCR. Untuk daerah di luar Jawa-Bali level 1 dan 2 itu boleh pakai PCR atau antigen," jelas Bangun.

Dia memberikan contoh, apabila melakukan penerbangan dari Bangka ke Jakarta atau dari Belitung ke Jakarta dan sebaliknya harus menggunakan tes RT-PCR karena Bandara yang berada di Tanggerang, masuk pulau Jawa-Bali.

"Untuk ke Palembang apabila berangkat dari Bandara Depati Amir, karena Pelembang level 2 boleh menggunakan PCR atau antigen begitu juga sebaliknya. Tetapi dari Belitung ke Palembang harus PCR karena Belitung level 3," lanjutnya.

Sementara untuk penerbangan dari Bangka ke Belitung (PP) dapat menggunakan antigen dengan vaksin dosis ke dua.

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved