Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Lancar Dalam Persalinan, Rutinlah Kontrol ke Dokter, HB dan Psikologis Sangat Berperan 

Dokter Primaya Hospital Bhakti Wara dr Idries Tirtahusada, Sp. OG (Spesialis Ahli Kebidanan dan Kandungan) menyebutkan faktor eksternal mempengaruhi

Penulis: Widodo | Editor: khamelia
IST dok Bangka Pos
Dokter Primaya Hospital Bhakti Wara, dr Idries Tirtahusada, Sp OG dalam acara dialog ruang tengah Bangka Pos Group yang dipandu oleh Host Ali Syahbana, Selasa (26/10/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ada banyak faktor tang mempengaruhi kehamilan pada ibu hamil. Dari faktor eksternal maupun internal.

Faktor ini perlu dipahami oleh ibu hamil dan banyak hal yang tentunya dilakukan agar persalinan bisa lancar. 

Dokter Primaya Hospital Bhakti Wara dr Idries Tirtahusada, Sp. OG (Spesialis Ahli Kebidanan dan Kandungan) menyebutkan faktor eksternal mempengaruhi kehidupan kandungan ibu hamil. 

"Faktor eksternal seperti kita lihat kontrolnya apakah sering atau tidak dan itu sangat mempengaruhi sekali," jelas dr Idries Tirtahusada, Sp. OG dalam acara dialog ruang tengah yang dipandu oleh Ali Syahbana, Selasa (26/10/2021). 

Dia menyarankan, kontrol kandungan minimal 3 kali tiap semester. Tetapi lebih dari itu juga boleh supaya pasien bisa melihat kondisi bayi dan tentunya jika ada malasah diperbaiki. 

Dia menyebutkan masalah persalinan pasien harus paham secara psikologi dan kadar HB dalam keadaan normal jika melakukan persalinan. 

"Kadang mereka tidak tau karena jarang periksa ke bidan atau puskes jadi tidak terpantau dengan baik dan ternyata HBnya rendah," kata dia. 

"Ini mempengaruhi dalam persalinan bisa terjadi pendarahan, kontraksinya bermasalah dan hal itu harusnya pasien tahu kondisi yang prima," lanjutnya. 

Selain itu secara psikologis dari keluarga itu sangat berpengaruh di masa kehamilan. 

Dia mengatakan, menjaga tubuh tetap bugar dan sehat minimal konsumsi asam folat, kalsium dan tablet tambah darah. Tiga itu nutrisi utama sejak awal kehamilan. 

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved