Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tumbuhkan Generasi Muda Cinta Al-Qur'an, Ini yang Dilakukan Pemuda di Pangkalpinang

 Pandemi Covid-19 sepertinya tak menjadi halangan untuk menyurutkan niat para remaja di Kota Pangkalpinang

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Dok/Fermana
Foto bersama para panitia Fesmana di Kelurahan Tuatunu Indah beberapa waktu lalu. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pandemi Covid-19 sepertinya tak menjadi halangan untuk menyurutkan niat para remaja di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung agar terus menyemarakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebagai wujud kecintaan kepada Nabi Muhammad, puluhan remaja yang tergabung dalam Karang Taruna, Ikatan Remaja Masjid Kelurahan Tuatunu Indah bekerja sama dengan Mahasiswa Universitas Bangka Belitung mengadakan kegiatan Festival Maulid Nabi atau Fesmana 2021.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Memetik Keteladanan Nabi Muhammad SAW Untuk Generasi Muda Islami’ ini dimeriahkan juga dengan beberapa cabang perlombaan yang di khususkan untuk anak-anak usia TK,SD dan SMP se-kelurahan Tuatunu Indah.

Perlombaan tersebut seperti lomba adzan, kaligrafi, tahfidz qur’an, ceramah agama, shalawat grup, cerdas cermat, hafalan tahlil, baca arab melayu hingga tilawah Al-qur’an.

Ketua Pelaksana Fesmana, Risky Iqbal mengatakan, kegiatan peringatan Maulid Nabi ini sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta kepada Al-Quran dan meneladani sifat mulia Nabi Muhammad SAW.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki semangat spiritual dalam belajar dan memahami ilmu agama yang bersanad lurus ke Rasulullah SAW,” kata dia dalam rilisnya yang diterima Bangkapos.com, Selasa (26/10/2021).

Risky menyebut, setidaknya dalam acara tersebut sebanyak 326 anak-anak mulai dari TK, SD dan SMP turut berpartisipasi memeriahkan tanggal kelahiran nabi akhir zaman ini.

Mereka yang menang dalam perlombaan tersebut nantinya akan dijadikan sebagai generasi penerus untuk berpartisipasi di Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadist Kota Pangkalpinang.

“Kita juga sekaligus mencari bibit-bibit baru generasi di Kelurahan Tuatunu untuk diikutsertakan dalam kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadis,” terang Risky.

Sementara itu terpisah, Ketua Karang Taruna sekaligus penanggung jawab acara Fesmana, Muhammad Subhan, berharap kegiatan seperti ini kedepannya dapat terus dilakukan. Hal ini tentunya dapat berdampak positif kepada generasi muda yang ada di Pangkalpinang agar tidak mudah terpengaruh oleh pergaulan bebas saat ini.

“Setidaknya ini dapat membantu masyarakat dalam usaha mendidik anak-anak di Tuatunu agar menjadi anak cerdas dalam segi pengetahuan maupun pemahaman tentang islam,” harap Subhan.

(Bangkapos.com/Rilis/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved