Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi dengan Stretching, Olahraga Rutin dan Makan Bernutrisi

Menjaga kesehatan tulang dan sendi sangatlah penting karena sangat vital dalam aktifitas butuh tangan yang sehat dan mobilisasi butuh kaki.

Penulis: Widodo | Editor: khamelia
Tangkapan layar Fit Talk (Widodo)
Dokter Rumah Sakit Kalbu Intan Medika, dr. Maaruf, Sp.OT dalam pembahasan mengenal dan menjaga kesehatan tulang dan sendi dalam acara Fit Talk yang dipandu oleh host Bangka Pos Rizky Wardianti, Rabu (27/10/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Menjaga kesehatan tulang dan sendi sangatlah penting karena sangat vital dalam aktifitas butuh tangan yang sehat dan mobilisasi butuh kaki.

Tentunya dua-duanya sangat baik dan penting. 

Pada kesempatan kali ini dokter Rumah Sakit Kalbu Intan Medika, dr. Maaruf, Sp.OT akan mengajak untuk mengenal dan menjaga kesehatan tulang dan sendi dalam acara Fit Talk yang dipandu oleh host Bangka Pos Rizky Wardianti, Rabu (27/10/2021). 

"Menjaga keseharian di usia produktif otomatis pagi usahakan olahraga yang rutin seperti stretching mulai dari bahu, leher dan pinggang, lutut setiap pagi," jelasnya. 

Baca juga: Bau Busuk Menyeruak di Pasar Pagi, Pedagang Minta Pemkot Melek, Danu: Sudah 2 Tahun Dibiarkan

Katanya lagi stretching juga bisa dilakukan dengan cara rukuk, sujud yang lama ketika shalat khususnya bagi umat muslim karena itu bisa mengurangi nyeri pada sendi dan tulang belakang. 

Selain itu rutin olahraga ringan dan tidak perlu sampai keletihan.  Jalan santai ada 30 menit tidak apa-apa untuk menjaga tulang dan sendi sehat. 

Selain itu faktor kena matahari pagi hari sekira pukul 07.00 sampai 08.00 WIB juga penting untuk vitamin D dan waktu setengah jam juga sudah cukup.  

Kemudian sering konsumsi ikan, keju, tahu dan tempe karena untuk kebutuhan kalsium sangat bagus. 

"Jadi untuk menjaga sehat tulang dan sendi cukup stretching, olahraga joging, makan bernutrisi seimbang itu sudah memadai," kata dia. 

dr. Maaruf, Sp.OT mengatakan untuk makanan yang dihindari oleh pengidap sakit tulang dan sendi sebenarnya tidak ada, hanya saja dua macam seperti rokok dan alkohol itu harus dihindari. 

Menurutnya usia di atas produktif yakni masa menopause usia 45 ke atas hormon estrogen sangat besar pengaruh metabolisme kalsium. 

"Kalau sudah seperti itu, maka harus konsumsi kalsium yang diperlukan otomatis lebih tinggi pada masa produktif," lanjutnya.

Dia menyarankan kepada orang yang usia sudah 40 tahun ke atas olahraga yang aman yaitu Triathlon seperti sepeda, lari dan berenang. Meskipun tidak ketiganya paling tidak salah satunya saja. 

Lebih lanjut dia menyarankan kepada usia produktif maupun di atas produktif agar rutin berolahraga, bagi perokok kurangi rokok dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin D serta rutin stretching. 

Bangkapos.com / Widodo (T4) 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved