Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kisah Polisi di Babel Menghadapi Penjajah Tanpa Wajah, Kegigihannya Berbuah Penghargaan

Dia menjadi satu-satunya dari ratusan orang Bhabinkamtibmas di Bangka Belitung yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: khamelia
(Bangkapos/Cepi Marlianto)
Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Komjen Pol Petrus Reinhard Golose saat memberikan penghargaan kepada Bripka Teddy Kurniadi seorang Bhabinkamtibmas Desa Padang Baru di Polda Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (27/10/2021) kemarin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dahulu, para pahlawan kemerdekaan Indonesia harus bergerilya menapaki setiap desa dan kampung untuk melawan para penjajah disertai pertumpahan darah hingga akhirnya bisa merdeka.

Meskipun telah merdeka, kini generasi penerus harus melanjutkan perjuangan bangsa. Jangan sampai bangsa ini dijajah oleh penjajah tanpa wajah yakni narkoba yang tak mengenal usia, waktu, tempat dan perbedaan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh seorang polisi di Kepulauan Bangka Belitung yang rela berkorban demi masyarakat yang bersih akan narkoba. Atas kinerjanya tersebut kini ia diganjar penghargaan.

Brigadir Polisi Kepala asal Polsek Pangkalan Baru, Polres Pangkalpinang Teddy Kurniadi, menjadi polisi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas satu-satunya di Bangka Belitung yang mendapatkan penghargaan dari Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia ( BNN RI).

Teddy yang merupakan seorang Bhabinkamtibmas di Desa Padang Baru, Kabupaten Bangka Tengah ini tak menyangka dirinya akan dipilih menjadi seorang polisi yang berperan aktif fasilitasi implementasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GNPN) di wilayahnya.

Bagaimana tidak, Teddy sapaan akrabnya tak mengetahui bahwa kinerjanya untuk mengedukasi masyarakat binaannya agar menjauhi penggunaan narkoba selama ini ternyata dinilai oleh Kepala BNN RI, Komjen Pol Petrus Reinhard Golose.

Bahkan dia menjadi satu-satunya dari ratusan orang Bhabinkamtibmas di Bangka Belitung yang mendapatkan penghargaan tersebut. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Komjen Pol Petrus Reinhard Golose kepada dirinya di Polda Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (27/20/2021) kemarin.

“Saya tidak tahu awalnya kalau akan dapat penghargaan. Sebelum kedatangan pak Kepala BNN pusat memang beberapa hari sebelumnya saya dapat surat undangan dari kepala desa setempat. Tapi saya tidak tahu kalau itu undangan untuk menerima penghargaan,” kata dia kepada Bangkapos.com, Kamis (28/10/2021).

Pria 32 tahun ini mengaku, pada awalnya dia hanya bekerja sesuai tugas dan fungsi pokoknya sebagai Bhabinkamtibmas. Kala itu Teddy bersama pihak Desa Pangkalan Baru memang rutin setiap dua minggu sekali melakukan edukasi akan bahayanya narkoba kepada 2.700 orang warga binaannya.

Bahkan setiap malam minggu, bapak dua orang anak ini beserta perangkat desa tak luput melakukan aksi sweeping kepada anak-anak remaja di wilayahnya. Apabila remaja di Desa Padang Baru kedapatan nongkrong melebihi jam 22.00 WIB pasti akan segera dibubarkan oleh pihaknya.

Teddy mengaku, selama menggelar aksi tersebut memang tak selalu berjalan mulus, dirinya bersama perangkat Desa tak ayal kerap mendapati para remaja yang sedang asik ‘ngelem’. Akan tetapi mereka yang kedapatan mabuk lem tak serta merta dilaporkan ke pihak kepolisian.

Mereka semuanya langsung diamankan untuk diberikan edukasi hingga pemahaman. Bahkan pihaknya tak lupa untuk bekerjasama dengan BNN Provinsi Bangka Belitung untuk menangani perkara tersebut. Alhasil para pecandu lem itu semuanya kini sudah kembali kehidupan normanya.

“Alhamdulilah hasilnya selama dua tahun terakhir tidak ada warga di Desa Padang Baru yang terlibat narkoba, bahkan tidak ada yang sampai diamankan oleh pihak kepolisian. Begitu juga yang sering kedapatan ngelem sekarang sudah kembali seperti biasa,” beber Teddy.

Meskipun telah mendapatkan penghargaan dari Kepala BNN RI, bapak tiga orang anak ini tak mau jemawa, dia ingin terus membuat masyarakat di desanya berdaya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved