Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tiga Raperda Inisiatif DPRD Babel Telah Disahkan 

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung mengesahkan tiga rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif pada rapat

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita).
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung (Babel) mengelar rapat paripurna di ruang paripurna kantor DPRD Babel, Kamis (28/10/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung mengesahkan tiga rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif pada rapat paripurna, Kamis (28/10/2021).

Pengesahan tiga raperda tersebut, usai mendapat persetujuan dan pandangan dari Tujuh Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun tiga raperda ini meliputi raperda fasilitas penyelenggaraan pesantren, penyelenggaraan kearsipan dan ornamen jati diri Serumpun Sebalai.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengapresiasi atas tiga raperda yang telah disahkan ini.

"Raperda penyelenggaraan pesantren diharapkan kedepan dapat dihasilkan generasi muda yang berakhlak mulia, bermanfaat bagi masyarakat dengan jalan menjadi abdi masyarakat yang mampu berdiri sendiri, bebas dan teguh dalam kepribadian," ujar Erzaldi dalam sambutannya.

Sementara mengenai raperda kearsipan itu tujuannya agar dengan tata kelola kegiatan yang tertib arsip, selain sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap proses reformasi birokrasi agar menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya, akuntabel, dan transparan.

Sedangkan mengenai raperda ornamen jati diri Serumpuun Sebalai, dia berharap dapat mengetengahkan dan mengedepankan beberapa ornamen yang berciri khas serumpun sebalai, dengan harapan akan semakin mengangkat derajat daerah.

"Dengan upaya menonjolkan karakteristik kedaerahan, sebagai salah satu negeri melayu dengan adat budaya kental, yang tidak hanya tergambar dari keseharian masyarakatnya saja, tetapi juga telah tervisualisasikan melalui beberapa ornamen, yang kedepannya akan disosialisasikan bersama dalam keseharian kehidupan masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bangka Belitung Herman Suhadi mengatakan tiga raperda ini penting menjadi perhatian bersama .

"Perda tentang arsip, bahwa kita ketahui arsip itu memiliki fungsi penting dalam administrasi pemerintahan, kita harapkan pengaturan arsip lebih baik dari saat ini," katanya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved