Breaking News:

LPPM IAIN SAS Bangka Belitung Laksanakan Monitoring dan Evaluasi KKN di Pulau Nangka

Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung  melaksanakan kunjungan monitoring dan E

Penulis: iklan bangkapos | Editor: khamelia
IAIN SAS Bangka Belitung
LPPM IAIN SAS Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melaksanakan kunjungan monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung, Kamis (4/11).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Tim LP2M, ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi Program kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa di daerah KKN.

Monev kali ini bertempat di Desa Tanjung Pura Dusun Pulau Nangka Kecamatan Sungaiselan. Tim Monev di Dusun Pulau Nangka adalah, Ketua LP2M Dr. Suparta, M.Ag, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Noblana Adib, M.Pd.I., MA, Kadus Pulau Nangka dan Tim Panitia KKN.

Salah satu tugas utama perguruan tinggi sebagaimana terdapat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian ini menjadi sangat penting dalam rangka memperteguh relevansi keilmuan yang dikaji dengan realitas sosial.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi dan diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir yang telah memenuhi persyaratan akademik. Melalui KKN diharapkan misi pengabdian masyarakat dapat berjalan secara maksimal.

Dr. Suparta M.Ag mengungkapkan dalam monev hari ini dan menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada peserta KKN yang telah melaksanakan program KKN di tengah pandemi Covid-19 secara baik.

“Diharapkan kegiatan KKN ini dapat memberikan manfaat pengabdian kepada masyarakat serta dapat memberikan pengalaman dan kesan tersendiri bagi mahasiswa. Tentunya dalam pengembangan dan pengimplementasian ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Beberapa evaluasi yang ditekankan kepada para mahasiswa di antaranya adalah tentang progres dari kinerja dan catatan harian dari masing-masing kelompok.

“Kita ingin agar pelaksanaan KKN di lapangan berjalan dengan efektif dan sesuai dengan program yang telah dicanangkan sejak awal, dan juga kami mengingatkan agar para mahasiswa tetap menjaga sikap dan nama baik almamater selama kegiatan KKN berlangsung,” tuturnya.

Ia juga mengharapkan agar mahasiswa tetap memperhatikan kesehatan diri selama mengikuti KKN , agar dapat berjalan dengan baik hingga akhir kegiatan.Dan bila menemukan permasalahan di lapangan, nanti dipecahkan bersama-sama oleh mahasiswa KKN, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan pihak panitia KKN.

Suparta menambahkan dengan adanya monev ini, Ia berharap para mahasiswa akan menjadi lebih bersemangat dan sungguh-sungguh dalam merealisasikan program-program yang dicanangkan, dan inilah yang membedakan antara KKN IAIN SAS Babel dengan KKN-KKN di tempat lain dan berharap mahasiswa tetap menjaga nama baik almamater.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Posko 32 Dusun Pulau Nangka ini selain membahas program kerja juga dan juga laporan hasil kerja KKN.

"Mahasiswa harus selalu menjaga akhlakul karimah dan sopan santun terhadap masyarakat di tempat KKN, agar tetap terjalin silaturahmi di lingkungan masyarakat. Selain itu tujuan Monev KKN adalah untuk memberikan semangat kepada Mahasiswa dalam mencari pengalaman belajar secara terintegrasi dalam realitas dan dinamika kehidupan bermasyarakat," tutup Suparta. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved