Breaking News:

Pemprov Babel dan PT SWP Bekerja Sama Bantu Peternak Sapi di Belitung dan Beltim

Gubernur Erzaldi Rosman, menyerahkan bantuan kepada para peternak sapi di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur di GOR PT Steelindo Wahana Perkasa.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: El Tjandring
Diskominfo Babel
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman serahkan bantuan kepada para peternak sapi di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim), di GOR PT Steelindo Wahana Perkasa (SWP), Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur, Kamis (4/11/21). 

BANGKAPOS.COM - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, menyerahkan bantuan kepada para peternak sapi di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur (Beltim), di GOR PT Steelindo Wahana Perkasa (SWP), Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur, Kamis (4/11/2021).

Bantuan yang diserahkan yakni sapi Peranakan Ongole (PO) atau yg biasa disebut sapi lokal juga sapi Jawa sebanyak 10 ekor, Legum indigofera, mineral dan kartu ternak kepada Kelompok Sapi Maju Bersama dari Desa Simpang Rusa, dan Kelompok Sejahtera Bersama dari Desa Mentigi, Kabupaten Belitung. Bantuan lainnya yaitu bukil sawit untuk 5 Kelompok Sawit Jurai Sekaput, Gunong Tulong, Mekar Jaya, dan Aik Raya.

Gubernur Erzaldi mengungkapkan, bantuan yang diserahkan atas kerja sama Pemprov. Babel dan PT SWP tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah, dan komitmen PT SWP terhadap kesejahteraan para peternak yang berada di sekitar wilayah produksi perusahaan.

"Bantuan hari ini berkenaan agar para peternak yang berada di sekitar PT SWP ini bisa mendapatkan fasilitas dengan memanfaatkan buntil atau sisa produksi CPO sawit. Karena untuk awal-awal ini, mereka harus dibantu. Setelah itu mereka mandiri baru dilepas," ujarnya.

PT SWP juga didorong untuk memberikan pakan ternak dari sisa produksi sawitnya itu melalui Corporate Social Responsibility (CSR), sehingga kelompok ternak sapi di sekitar perusahaan tidak membeli. Bantuan ini juga, kata Gubernur Erzaldi guna menyukseskan program swasembada sapi 2025 untuk Bangka Belitung.

"Saya sampaikan kepada PT SWP, sampaikan ini secara gratis berupa CSR yang tadinya masyarakat beli, karena peternak ini memang harus kita bantu. Kita berkeinginan swasembada sapi 2025 bisa tercapai sesuai target dari dinas," katanya.

Gubernur menekankan, selain menuju swasembada sapi 2025 yang kini sudah terlihat dari meningkatnya jumlah pengembangbiakan, tujuan utama dari bantuan tersebut, katanya agar para peternak dapat meningkatkan pendapatan.

"Tapi yang ingin saya tekankan bukan berapa jumlah ekor untuk mencapai swasembada, tetapi swasembada sapi harus diiringi dengan tingkat pendapatan para peternaknya. Sehingga, kesejahteraan mereka tercapai," ungkapnya.

Sementara itu, President Director PT Steelindo Wahana Perkasa Lim Teng Hong, mengungkapkan bantuan berupa Palm Kernel Expeller (PKE) atau bungkil kelapa sawit yang memang menjadi produk turunan pihaknya itu, untuk membantu kelompok ternak. Ia berharap, hubungan perusahaan dan masyarakat dapat terjalin dengan baik.

"Kami berharap bantuan ini dapat membantu peternak, sehingga sapi-sapi yang diternak bisa memenuhi kebutuhan sapi di sekitar perusahaan, dan meningkatkan perputaran ekonomi babel. Semoga silaturahmi kami dan masyarakat dapat terpelihara dengan baik," pungkasnya.

Kegiatan penyerahan bantuan tersebut dihadiri Anggota DPRD Babel Beliadi, perwakilan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan (DPKP) Babel, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Belitung, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Belitung Timur, Camat Membalong, Camat Kelapa Kampit, Camat Damar, serta perwakilan TNI/Polri. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved