Breaking News:

Materi Belajar

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD/MI Subtema 3 Halaman 141, 142, 143, dan 144 Tokoh Penjelajah Angkasa

Berikut ini adalah kunci jawaban kelas 6 SD/MI Buku Tematik Tema 9 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 141, 142, 143, dan 144.

Penulis: Nur Ramadhaningtyas | Editor: Teddy Malaka
Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 SD/MI
Tema 9 Subtema 3 Kelas 6 SD/MI 

BANGKAPOS.COM - Di bawah ini adalah kunci jawaban kelas 6 SD/MI Buku Tematik Tema 9 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 141, 142, 143, dan 144.

Buku Tematik Tema 9 berjudul Menjelajah Luar Angkasa.

Sementara subtema 3 berjudul Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa.

Simak pembahasannya sampai habis.

Galileo Galilei, Mencoba untuk Membuktikan

Sumber : www.ancientpages.com

Pasti kamu pernah mendengar nama Galileo Galilei. Ia adalah seorang ilmuwan asal Italia kelahiran tahun 1564. Sumbangan penemuannya memberi banyak pengaruh pada dunia ilmu pengetahuan. Galileo tidak selalu menjadi penemu, tetapi ia dapat menggunakan sebuah penemuan untuk menghasilkan penemuan besar lainnya.

Galileo bukanlah penemu teleskop yang pertama. Akan tetapi ia mengetahui tentang penemuan teleskop saat itu dari seorang pembuat kacamata dari Belanda. Ia lalu tertarik untuk mengembangkan teleskop buatannya sendiri.

Lalu ia memanfaatkannya untuk melakukan pengamatan dunia angkasa luar. Pada bulan Maret 1610, Galileo mempublikasikan sebuah buklet kecil yang berjudul The Starry Messenger. Buklet ini mengungkapkan beberapa penemuan angkasa luar yang menarik. Salah satu penemuan Galileo saat ituadalah tentang bulan. Ia menemukan bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, seperti yang digambarkan dalam puisi-puisi. Bulan ternyata dipenuhi kawah dan gunung.

Galileo juga menemukan planet-planet lain termasuk Saturnus yang memiliki lingkar seperti cincin. Ia menemukan Venus yang memiliki beberapa fase seperti Bulan, lalu bukti bahwa Venus berputar mengelilingi Matahari.

Ia juga menemukan fakta bahwa Jupiter memiliki satelit sendiri yang tidak berputar mengelilingi Bumi, melainkan Matahari. Penemuan-penemuan Galileo memperkuat teori Copernicus sebelumnya. Teori Copernicus menyatakan bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya, tetapi Matahari, karena planet-planet mengelilingi Matahari.

Pada zamannya, Galileo sempat dicerca dan ditentang berbagai pihak temuan-temuannya. Namun demikian, pada akhirnya dunia mengakui peran besarnya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Berkat temuantemuannya tersebut ia memperoleh sebutan “Bapak Sains Modern”. Hal ini merupakan bukti perannya yang membuka wawasan warga dunia terhadap ilmu pengetahuan, terutama ilmu pengetahuan angkasa luar.

Ayo Berdiskusi

Soal dan Jawaban Halaman 141

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved