Breaking News:

Mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Aksi Penghijauan di Desa Keretak

Para mahasiswa IAIN Syaikh Abdurrahaman Siddik Bangka belitung yang melaksanakan Kerja Kuliah Nyata (KKN) di Desa Keretak "Ini adalah salah satu bentu

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Fery Laskari
IAIN SAS Bangka Belitung
Para Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel saat melakukan Aksi Penghijauan Di Desa Keretak, jum'at (5/11). 

BANGKAPOS.COM , BANKGA -- Mahasiswa-mahasiswi IAIN Syaikh Abdurrahaman Siddik (SAS) Bangka Belitung (Babel) melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Keretak.  Ini adalah sebuah bentuk sumbangsih dan pengabdian kepada masyarakatn. Apalagi penghijauan di Airpanas Keteper Desa Keretak terealisasikan, Jumat (5/11/2021).

Marheni, M.Si selaku Dosen pembimbing lapangan (DPL) menyampaikan penghijauan di Air Panas Keteper Desa Keretak merupakan satu di antara sejumlah program kerja besar mahasiswa KKN Desa Keretak.  "Kami sangat berterima kasih atas inisiatif mahasiswa KKN yang mencanangkan penghijauan di area air panas ini," katanya.

"Saya sangat terkesan dan juga mengapresiasi ide, selain mempercantik pemandangan di lokasi wisata penanaman yang di lakukan juga bisa bermanfaat bagi warga sekitar. Dengan adanya penghijauan ini saya berharap warga desa juga dapat merasakan manfaatnya dari bibit-bibit tanaman tersebut," kata Marheni.

"Tujuan lainnya yaitu memperbaiki kualitas lingkungan dan kehidupan mahluk hidup. Selain untuk menciptakan halaman yang asri, nyaman, dan indah, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun silaturahmi antarmahasiswa KKN dengan masyarakat," tambahnya.

Husni, S.Pd.I Sekdes Keretak, mengatakan hal senada. "Saya sangat senang dengan kegiatan penghijauan ini. Berarti mahasiswa KKN dan masyarakat peduli akan pentingnya menjaga lingkungan seperti menanam pohon," katanya.

"Luas area air panas ini sekitar sepuluh hektare dan beberapa tahun lalu juga pernah di adakan penanaman, tapi karena terkendala izin jadi belum bisa mengembangkan potensi wisata air panas, semoga dengan penghijauan yang di adakan mahasiswa ini menjadi langkah awal pengembangan potensi wisata air panas yang Insya Allah tahun depan akan mulai dibangun," tambah Husni.

Sementara itu, Mahasiswa KKN tidak hanya melakukan penghijauan dilokasi wisata namun juga ke lembaga-lembaga pendidikan yang ada di desa keretak SDN 12 Sungaiselan, SDN 14 Sungaiselan, SMPN 6 Sungaiselan dan juga di TK Kemangi Desa Keretak. "Tanaman sirsak ini kan banyak manfaatnya jadi kami juga berterima kasih sekali kepada mahasiswa KKN dengan adanya kegiatan ini semoga memberikan manfaat lebih ke depannya" tambah staf pengajar.

Sirsak, alpukat, cemara laut, pelawan, sengon, ketapang adalah bibit-bibit yang disiapkan untuk penghijauan. "Semoga dengan adanya penghijauan ini bisa memberikan manfaat kepada instansi terkait dan juga masyarakat sekitar Desa Keretak," katanya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved