Breaking News:

Buka Wawasan Pelajar, Erzaldi Sosialisasi hingga ke Leparpongok

LEPAR PONGOK – Pelajar memiliki peran penting dalam kemajuan daerah. Tidak hanya menentukan perkembangan

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fery Laskari
Diskominfo Babel
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman saat melakukan kunjungan kerja ke SMA Negeri 1 Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (9/11/21). 

BANGKAPOS. COM, BANGKA – Pelajar memiliki peran penting dalam kemajuan daerah. Tidak hanya menentukan perkembangan kualitas pendidikan, siswa juga merupakan ujung tombak dalam kemajuan dunia pariwisata yang menjadi masa depan wilayah tersebut, terutama bagi Siswa SMA Negeri 1 Leparpongok, Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Hal itu diungkapkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Lepar Pongok, Selasa (9/11/21). Kedua sektor itu, menurutnya, akan berujung kepada pertumbuhan ekonomi di ujung selatan Pulau Bangka.

Ke depannya, dijelaskan Gubernur Erzaldi kepada para siswa, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel akan mengaktifkan Kapal Ro-Ro yang akan terintegrasi antara Pulau Bangka-Lepar Pongok-Kepulauan Pongok-Pulau Nasik, dan Pulau Belitung. Rencana ini merupakan kesempatan bagi masyarakat antar pulau untuk meningkatkan perekonomian.

"Ketika jalur dibuka kami berharap ada pertumbuhan ekonomi di Pulau Lepar. Jadi, nantinya kalau ada potensi yang akan dijual tidak hanya untuk di sini (Lepar Pongok), tetapi bisa menjual ke luar dan tidak lagi pakai kapal speed" ujarnya.

Begitu juga pariwisata, Gubernur Erzaldi berharap siswa-siswa di Pulau Lepar Pongok dapat menjadi pelopor dan penggerak memanfaatkan peluang di sektor lainnya dengan adanya Ro-Ro ini. Salah satu potensi yang dapat diaktifkan yakni home stay atau rumah singgah bagi para wisatawan yang akan berkunjung.

"Kalau home stay ada, yang menjadi fasilitas bagi wisatawan sebagai tempat tinggal yang disediakan masyarakat kita di sini akan menjadi pendapatan lebih. Saya minta siswa di sini bisa kreatif memberikan konsep yang bagus untuk membuka itu," katanya.

Ditambahkan gubernur, pelajar sudah harus memiliki pemikiran yang visioner dan tidak berdiam diri. Sebab, di era teknologi seperti saat ini setiap celah harus dapat dimanfaatkan dengan baik. Jika siswa kreatif memaksimalkan teknologi sebagai sarana promosi, Lepar Pongok akan semakin dikenal luas.

 "Sekarang tinggal inovasi penduduk seperti apa. Ini tantangan untuk masyarakat di sini untuk menangkap peluang, dan tentunya kalian-kalian (siswa) yang akan menjadi penerus. Tetap semangat belajar, mudah-mudahaan SMA 1 Lepar Pongok lebih maju," tegasnya.

Dalam kunjungan kerja itu, Gubernur Erzaldi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Babel M. Soleh, Sekretaris Dinas Pendidikan Babel Ervawi beserta Kabid SMA/SMK. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved