Breaking News:

Erzaldi Rosman

Erzaldi Serahkan Bantuan Perahu Dukung Wisata dan Budidaya Kerang di Desa Kota Kapur  

Gubernur Provinsi Kepulaun Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyerahkan bantuan perahu wisata bagi kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Desa Kot

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Saat Gubernur Kepulaun Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyerahkan bantuan perahu wisata bagi kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Desa Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat, Bangka, Rabu (10/11/2021). (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gubernur Provinsi Kepulaun Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyerahkan bantuan perahu wisata bagi kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Desa Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat, Bangka, Rabu (10/11/2021).

Perahu ini berkapasitas untuk 25 orang yang diharapkan dapat mendorong pengembangan pariwisata Desa Kota Kapur.

Orang nomor satu di Bangka Belitung ini mengapresiasi upaya yang dilakukan masyrakat sekitar yang ternaungi dalam kelompok HKm Wanamina dalam membudidayakan kawasan hutan.

"Saya senang sekali Hkm Wanamina ini menjadi kelompok yang membudidayakan kawasan hutan, tentunya hutan jangan dirusak, harus dijaga untuk mendapatkan manfaatnya," ujar Erzaldi.

Menurutnya, peluang yang ada untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tentunya harus ditangkap dan dilakukan dengan solidaritas antar kelompok.

"Saya yakin dan percaya usaha ini akan berjalan bila kalian terus kompak. Kedua usaha ini juga harus terus dilakukan atau harus dipertahankan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bangka Belitung, H Marwan mengatakan kelompok HKm Wanamina ini
adalah perpaduan dalam mengelola hutan dan perikanan.

"Mereka memiliki kemampuan budidaya kawasan hutan yakni jasa lingkungan, dan kedua dari perikanan, mereka melakukan budidaya kerang," katanya.

Pihak dinas lingkungan mendampingi dan memberikan bantuan perahu ini karena kelompok HKm Wanamina ini telah memenuhi tiga unsur penilaian.

"Adapun tiga unsur yakni kelola lembaga, kelola kawasan hutan dengan adanya spot wisata, dan ketiga kelola usaha, mereka telah menamam tiga ton kerang dan akan dipanen," katanya.

Dia berharap perahu panjang ini agar bisa membawa masyarakat untuk menunjang sektor wisata dan mengangkut hasil kerang yang telah dibudidayakan.

"Ini sebagai upaya yang bisa berdampak akan kemakmuran dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," katanya.

Kepala Desa Kota Kapur, Makmun bersyukur dengan adanya bantuan perahu ini dari pemerintah provinsi.

"Bantuan ekonomi produktif ini InsyaAlalh bermanfaat karena bisa menjadi media dan untuk peningkatan pariwisata. Kita berharap ada lagi bantuan-bantuan lain untuk mengembangkan potensi yang ada di desa kami," katanya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 
 
 

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved