Breaking News:

Perahu Wisata Siap Jamu Wisatawan di Desa Kota Kapur

MENDO BARAT - Desa Kota Kapur yang berlokasi di Kabupaten Bangka, sekarang memiliki objek wisata baru

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Fery Laskari
Diskominfo Babel
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman saat menyerahkan bantuan berupa perahu wisata secara simbolis untuk kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Wanamina, Rabu (10/11). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Desa Kota Kapur yang berlokasi di Kabupaten Bangka, sekarang memiliki objek wisata baru yaitu perahu wisata. Hal itu setelah Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menyerahkan bantuan berupa perahu wisata untuk kelompok Hutan Kemasyarakatan (HKm) Wanamina, Rabu (10/11). 

Menurut Bang ER–sapaan Gubernur Erzaldi, hadirnya perahu wisata merupakan sebuah terobosan untuk mengelola dan mengembangkan kawasan hutan, serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Desa Kota Kapur, seperti mengunjungi destinasi Pulau Medang. 

"Saya senang karena kelompok ini berniat untuk mengelola kawasan hutan. Karena jika hutan rusak, maka sumber penghasilan akan berkurang," ucap gubernur. 

Gubernur berharap Hkm Wanamina yang juga diamanatkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengelola 244 Ha lahan mangrove di kawasan Desa Kota Kapur, agar dalam pengelolaannya didukung dengan manajemen yang baik, sehingga akan menghasilkan _output_ yang baik pula. 

"Karena sebuah kelompok akan sukses jika lembaganya kuat," pesannya. 

Ia pun menjelaskan untuk mendukung budidaya kerang dara bagi masyarakat Desa Kota Kapur, pihaknya akan memberi bantuan bibit kerang yang bertujuan agar kelompok ini mandiri kedepannya dalam bisnis disamping pariwisata. 

Selain itu, kepada mahasiswa yang hadir dalam pertemuan tersebut, Gubernur Erzaldi berpesan agar para mahasiswa harus lebih aktif memberikan ide-ide segar untuk kemajuan perekonomian suatu daerah, terlebih mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

"Syaratnya harus konsisten, yang berimbas kehadiran Hkm ini dapat memberikan efek positif bagi anggotanya dan masyarakat secara luas," ungkapnya. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Babel, Marwan mengatakan terpilihnya HKm Wanamina untuk diberikan bantuan perahu wisata, setelah memenuhi tiga unsur penilaian, yaitu pengelolaan lembaga, pengelolaaan kawasan hutan, dan pengelolaan usaha. 

"Dari 3 kategori yang ditentukan, Hkm Wanamina memenuhi persyaratan karena ada wisata jasa lingkungan di lahan mangrove, kelembagaannya juga cukup kuat serta ada pengelolaan usaha budidaya kerang," jelasnya. 

Tujuan diberikannya perahu wisata ini diperuntukkan membawa para wisatawan ke spot-spot wisata, dan juga membantu para nelayan untuk budidaya kerang. 

"Semoga ekonomi masyarakat Desa kota Kapur meningkat dengan kehadiran perahu wisata ini," harapnya. 

Sementara itu, Ketua HKm Wanamina, Robuni Kholid mengucapkan terima kasih atas bantuan perahu wisata yang diberikan oleh Gubernur Erzaldi kepada kelompoknya. 

Bantuan tersebut nantinya akan diperuntukan untuk mengantar para wisatawan ke spot wisata seperti Pulau Medang. 

"Disamping itu nanti akan kami fungsikan untuk mengambil hasil panen budidaya kerang dara. Terima kasih pak gubernur atas bantuannya," katanya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved