Breaking News:

Prodi Pendidikan Bahasa Arab Berkerja sama dengan IMLA Babel Gelar Pelatihan Bahasa Arab

Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Kemampuan Mengaj

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Fery Laskari
IAIN SAS Bangka Belitung
Acara Pelatihan Bahasa Arab di Aula PIAUD Fakultas Tarbiyah IAIN SAS Bangka Belitung, Rabu (10/11). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Kemampuan Mengajar Bahasa Arab Bagi Pengajar non Arab, pada Hari Rabu (10/11/2021). Acara digelar di Aula PIAUD Fakultas Tarbiyah IAIN SAS Bangka Belitung.

Pelatihan ini merupakan pelatihan perdana di Tahun 2021 yang telah dirancang sedemikian rupa oleh para dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang dikhususkan bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN SAS Bangka Belitung semester 1 , 3, dan 5.

Sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah diwakili oleh Wakil Dekan I Dr.Wahyudin Noor,M.S.I, menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini. "Semoga kegiatan ini bisa memberikan pembekalan bagi mahasiswa agar ada output yang bisa dibawa pulang baik berupa pengetahuan maupun rasa percaya diri dalam mengembangkan kemampuan mengajar," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik untuk peningkatan mahasiswa prodi Bahasa arab Agar kita bisa berbahasa Arab dengan baik. "Maka kita harus membiasakan diri kita untuk mendengarkan Bahasa Arab setiap hari, berlatih berbicara, membaca dan manulis Bahasa Arab," ujar Wahyudin.

Ela Isnani Munawwaroh, M.Pd selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab sangat berterima kasih kepada segenap dosen dan mahasiswa yang telah menyukseskan kegiatan pelatihan ini.

Harapannya semoga kegiatan seperti ini akan terus berkelanjutan. Lebih lanjut ia mengatakan, pelatihan Bahasa Arab untuk mahasiswa baru ini sangat penting dan bernilai positif, karena dengan pelatihan ini kami (Prodi) mengetahui sejauh mana kompetensi mahasiswa tentang Bahasa Arab.

"Karena kita tahu, mahasiswa baru prodi Pendidikan Bahasa Arab ini tidak semuanya memiliki latar belakang atau pernah bersinggungan dengan bahasa Arab. Dengan diadakan pelatihan ini, kami berharap mereka akan memiliki gambaran tentang bahasa Arab yang nantinya akan mereka tekuni selama kuliah di Prodi Pendidikan Bahasa Arab," kata Elsa.

Amir Syuhada, M.A Dosen Luar Biasa IAIN SAS Bangka Belitung sekaligus Ketua IMLA Bangka Belitung menyampaikan beberapa materi dasar tentang pembelajaran bahasa Arab khususnya untuk memahami Alquran.

Peserta dibuat merasa semakin bangga dengan bahasa Arab serta beberapa pengakuan pakar bahasa dari barat tentang keistimewaan bahasa Arab di atas bahasa lainnya.

Ini sangat menarik dan penuh dengan ilmu yang baru, Ilmu yang baru itu maksudnya, pengalaman-pengalaman untuk mengajarkan bahasa Arab ke peserta didik semakin bervariasi dan penuh metode.

Johan, S.Ag selaku penggiat Bahasa Arab menyampaikan materi yang sangat membangkitkan semangat dan rasa percaya diri mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan mengajar bahasa Arab.

Selama kegiatan berlangsung mahasiswa sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan kegiatan ini. "Dengan materi yang disampaikan, saya menemukan metode baru dengan adanya isyarat mengenai harakat yang ada. Sehinga, anak-anak yang belajar bahasa Arab akan merasa senang karena belajar sambil bermain sehingga tidak membosankan," kata Johan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved