Breaking News:

Berita Sungailiat

Dinkes Bangka Maknai HKN Sebagai Jalan Perubahan  

Hari Kesehatan Nasional (HKN) Jatuh pada Tanggal 12 November 2021. Perayaan HKN kali ini Temanya 'Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku'. Kepala Dinas Ke

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Fery Laskari
Bangkapos.com/Dok
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti. 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Hari Kesehatan Nasional (HKN) Jatuh pada Tanggal 12 November 2021. Perayaan HKN kali ini Temanya 'Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku'. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti mengatakan, HKN tahun ini memberikan dua pilihan dalam dunia kesehatan.

Pilihan pertama adalah jalan yang sama yang artinya bekerja seperti biasa dan melakukan aktivitas normal seperti sebelum pandemi.

Sedangkan jalan kedua adalah jalan perubahan yang mengajak masyarakat untuk beradaptasi dan diawali dengan pola hidup sehat yang mulai dari sekarang.

"Kita harus bertumbuh, karena pembangunan kesehatan harus mengarah ke sana ke arah pertumbuhan," kata Then saat dihubungi Bangkapos.com, Jumat (12/11/2021).

Then menjelaskan, pemerintah pusat mempunyai target Indonesia sehat pada Tahun 2025 mendatang. Oleh karena itu, perlunya penguatan upaya pencegahan, deteksi dini, pembangunan infrastruktur kesehatan, melengkapi sarana dan prasarana, SDM dan meningkatkan layanan kesehatan.

"Dengan begitu, akses dan mutu kesehatan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih maksimal," jelasnya.

Tak lupa dirinya menekankan agar penerapan prokes agar tetap ditaati terutama menjelang akhir tahun ini yang diperkirakan akan menjadi ancaman gelombang ke-3 Covid-19. "Di hari kesehatan Nasional ini saya ingatkan agar masyarakat tetap disiplin prokes dan ikuti vaksinasi covid-19," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Penelitian, Ilmiah, Kebijakan dan Rekomendasi IDI Cabang Bangka, dr Ega Zainur Ramadhani mengatakan bahwa HKN tahun ini harus dimaknai sebagai ajakan optimisme untuk mengajak hidup sehat. "Pandemi ini membuka beberapa karakter kita terhadap pentingnya kesehatan," jelas Ega.

Selain itu, menurutnya semua orang harus terlibat dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat. Oleh karena itu, untuk mencapai Indonesia Sehat tahun 2025 perlu adanya berbagai macam evaluasi terkait pelayanan kesehatan yang bersumber dari saran ataupun Pengaduan masyarakat. "Di hari kesehatan nasional ini, mari kita jadikan kesehatan ini sebagai nikmat yang luar biasa," tegasnya.

Seiring HKN, perlu adanya perwujudan secara proaktif oleh seluruh lapisan masyarakat. "Jadikan kesehatan ini sebagai kebutuhan primer kita yang betul-betul harus terpenuhi," imbaunya. (Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved