Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Porsadin V Provinsi Bangka Belitung Resmi Dibuka, Wujudkan Satu Desa Satu Madrasah Diniyah

Pekan Olahraga dan Seni antar Diniya (Porsadin) V Tahun 2021 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diselengarakan di Pondok Pesantren Al- Muhajur

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Porsadin V Tahun 2021 tingkat Provinsi Bangka Belitung yang diresmikan langsung oleh Kakanwil Kemenag Babel dan Perwakilan Gubernur Babel di Pondok Pesantren Al- Muhajurin, Koba, Bangka Tengah, resmi dibuka Sabtu, (13/11/2021). (Bangkapos.com/Sela Agustika) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pekan Olahraga dan Seni antar Diniya (Porsadin) V Tahun 2021 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diselengarakan di Pondok Pesantren Al- Muhajurin, Koba, Bangka Tengah, resmi dibuka, Jumat (13/11/2021).

Kegiaatan Porsadin ini digelar dalam rangka menguatkan peran madrasah diniyah takmiliyah sebagai pelengkap dan penyempurna pendidikan agama islam menuju Bangka Belitung Maju dan Bermanfaat.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Forum Komunikasi  Diniyah Takmiliyah (FKDT) , Alhizro menyebutkan, kegiatan Porsadin ini menjadi benteng untuk memotivasi agar membentengi ahklah anak-anak yang baik dan bagus serta menjadi motivasi untuk cinta olagraga ataupun seni Islami.

"Kegiatan ini juga menjadi bentuk bagaimana anak-anak mengenal dan cinta Madrasah dengan tujuan agar menciptakan ahlak yang baik dan bagus," ujar Alhizro, Sabtu (13/11/2021).

Kata Alhizro, melalui kegiatan ini juga menjadi bentuk dalam mewujudkan satu desa satu madrasah diniyah. "Saat ini baru 40 persen madrasah diniyan yang ads di kita, mudahanhan ke depan melalui kegiatan ini satu desa satu madrasah ini bisa terwujud. Dan Alhamdulillah dengan berbagai bantuan yang disuport oleh Pemrov dan pihak terkait kegiatan ini bisa berjalan," katanya.

Diketahui Porsadin ini menjadi agenda tahunan yang rutin diselengarakan dua tahun sekali, di mana pada Porsadin kali ini diikuti perwakilan masing-masing kabupaten/kota di Bangka Belitung, total sebanyak 350 peserta.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs H Tumiran Ganefo mengatakan, Porsadin ini menjadi ajang dalam memberikan minat dan semangat para anak-anak untuk terpicu belajar atau menuntut ilmu agama di madrasah diniyah.

"Madrasah diniya ini menjawab kekurang matangan dalam mpelajari ilmu agama, karena sekolah formal ini waktunga terbatas. Untuk itu harapan dengan kegitan ini bisa memberikan minat semangat anak-anak yang di Lembaga Madrasah Diniyah melalui Porsadin," tambah Tumiran.

Melalui kegiatan ini ia juga berharap program satu desa satu madrasah diniyah bisa terwujud. "Kanwil dan provinsi khususnya mendukung esistensi dari madradah diniyah ini, khususnya dalam kreativitas Islam, untuk itu kita mengajak para anak dan orangtua agar tidak berhenti di TPA saja, namun melanjutkan ke madrasah diniyah," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Disbudpar Provinsi Bangka Belitung, H Masyuri mewakili Gubernul Babel mengapresiasi terselengaranya kegiatan itu.

Kata Masyuri, kegiatan Porsadin ini menjadi ajang silaturahmi, baik dibidang olahrags atupun keagamaan. "Di tengah pandemi, Porsadin ini menjadi kegiatan olahraga dan seni yang start pertama di tingkat provinisi. Harapannya semoga kegiatan olahraga dan agama ini bisa menjadi semangat dan lebih marak lagi," harapnya. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved