Breaking News:

Aula Dharma Meditation Center, Wisata Religi Sekaligus Tempat Bermeditasi

Aula Dharma Meditation Center dibangun sebagai pusat latihan meditasi bagi siapa saja.

Penulis: Rusaidah (CC) | Editor: M Ismunadi
Bangka Pos/Adelina Nurmalitasari
Suasana di Aula Dharma Belitung Meditation Center, Tanjungpandan, Sabtu (13/11/2021). 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Barisan pepohonan dilengkapi pondok-pondok kayu membuat nuansa tempat ini terasa menyejukkan dan menenangkan.

Lokasinya yang agak jauh dari tempat tinggal, masuk di antara kebun-kebun warga Jalan Aik Ranggong, Desa Air Saga, Tanjungpandan membuat objek ini jauh dari hiruk pikuk.

Sesekali suara burung liar terdengar, dengan semilir angin yang berhembus, menyejukkan.

Beginilah suasana yang tergambar tatkala berkunjung ke Aula Dharma Meditation Center, Sabtu (13/11/2021) siang. Tempat yang dibangun pada Desember 2019 ini memang pembangunannya belum tuntas.

Tampak beberapa bangunan tengah proses dibangun. Meski begitu, tak mengurangi minat untuk melihat lebih dekat ke tempat milik Romo Budhi Dharmapanno ini.

Seperti namanya, tempat ini memang dibangun sebagai pusat latihan meditasi bagi siapa saja. Tak hanya membuka diri bagi umat Buddha, pria yang sekaligus Ketua Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) Belitung ini mengatakan bahwa Aula Dharma Belitung Meditation Center terbuka bagi siapa saja.

"Terbuka untuk umum, bukan hanya umat Buddha, tapi siapapun dari keyakinan apapun bisa berkunjung dan berlatih (meditasi) bersama. Boleh silakan jalan-jalan untuk menikmati suasana. Prinsip kami, anda datang kami senang, anda pulang kami kenang," katanya.

Objek ini, lanjutnya, menjadi pilihan yang memang cocok bagi turis yang mencari area yang tenang. Di samping tempat ini juga menambah objek wisata religi untuk penenangan batin dan meditasi.

Meditasi pun bisa dilakukan siapa saja, berbagai kalangan usia. Bermeditasi juga memiliki sejumlah manfaat untuk menenangkan diri, meningkatkan daya ingat, serta beragam manfaat bagi kesehatan lahir dan batin.
Budhi menyebut, saat manusia kini hidup kayaknya robot yang dikendalikan pikiran, bukan mengendalikan pikirin, meditasi perlu dilakukan.

Makanya di tempat tersebut mengajarkan meditasi, juga bagi pemula, untuk mengetahui teknik pengembangan batin melalui meditasi hidup berkesadaran.

"Bahkan bapak-bapak juga bisa duduk dan latihan bersama untuk mengembangkan kebatinan," ucap dia.

Menurutnya, saat ini Aula Dharma juga telah dikunjungi sejumlah pengunjung. Baik lokal maupun luar daerah seperti Tangerang dan Jakarta. (del)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved