Breaking News:

Kamera E-TLE Sudah Terpasang, Polisi Mulai Sosialisasi

Sejumlah kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) sudah terpasang di beberapa persimpangan lampu merah di sejumlah

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari

BANGKAPOS.COM , BANGKA – Sejumlah kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (E-TLE) sudah terpasang di beberapa persimpangan lampu merah di sejumlah ruas jalan yang ada di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (15/11/2021).

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas Polres Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Toni Susanto mengatakan, saat ini penerapan tilang elektronik atau E-TLE sudah masuk pada tahap sosialisasi.

Toni berujar, E-TLE di Kota Pangkalpinang diterapkan pada empat titik lokasi persimpangan lampu merah, seperti Simpang Empat Air Itam, Semabung, Ramayana, dan Simpang Tiga Transmart.

Akan tetapi, dari empat titik E-TLE tersebut baru dua tempat yang sudah mulai beroperasi seperti di Simpang Empat Semabung dan Simpang Tiga Transmart.

Penerapan ini juga sebagai upaya penindakan efektif serta menghindari pungutan liar dan konflik antara petugas dan pelanggar lalu lintas hingga dapat meminimalkan pelanggaran lalu lintas oleh pengendara kendaraan bermotor.

Pemasangan kamera E-TLE itu bertujuan untuk menindak para pelanggar lalu lintas.

Jenis pelanggaran yang dapat ditangkap oleh kamera E-TLE adalah pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan helm, dan tidak menggunakan sabuk pengaman.

Kemudian, pengendara yang melanggar rambu atau marka jalan, serta menggunakan pelat nomor palsu. Untuk prosedur penilangannya, kamera E-TLE yang terpasang di jalan secara otomatis menangkap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved