Breaking News:

Berita Kriminalitas

Keluarga Terpidana Kasus Mamin Setda Basel, Serahkan Uang Pengganti Senilai Rp100 Juta ke Kejari

Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) terima pengembalian kerugian negara dari kasus korupsi.

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Istimewa
Kasi Pidsus Kejari Basel Zulkarnain Harahap (pegang kertas putih) didampingi Jaksa Fungsional Muhammad Ansyar, di ruang kerjanya Kejari Basel, Senin (15/11/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) terima pengembalian kerugian negara dari kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) Makan Minum (Mamin) Sekretariat Daerah (Setda) Basel tahun 2017 lalu.

Adapun pengembalian kerugian negara yang diterima Kejari Basel sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tersebut berasal dari salah seorang terpidana bernama Suwandi dengan nominal Rp100 juta.

"Hari ini kami terima uang sebesar Rp100 juta dari perkara Tipikor Mamin Setda Basel tahun 2017 dari terpidana inisial S," kata Kasi Pidsus Kejari Bangka Selatan, Zulkarnain Harahap didampingi Jaksa Fungsional Muhammad Ansyar, Senin (15/11/2021).

Pengembalian kerugian negara sesuai putusan Pengadilan Tipikor Nomor 8 Pidsus 2019 tanggal 26 Juni 2019 senilai Rp100 juta dari terpidana bernama Suwandi tersebut telah disetor ke kas negara oleh Kejari Bangka Selatan.

"Penyetoran ini didasarkan atas angsuran dari kewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp 465.660.735. Setelah cicilan 100 juta ini dibayar dan kami setorkan, maka tersisa uang pengganti yang harus dibayar Rp365.660.735," ungkap Zulkarnain.

Zulkarnain mengatakan, pembayaran uang pengganti yang diberikan oleh istri terpidana Suwandi didampingi adik iparnya tersebut tentunya akan mengurangi pidana subsider yang dijalani Suwandi.

"Ini perkara makan minum di Setda Basel tahun 2017 dengan kerugian yang dialami negara total senilai Rp1,6 miliar lebih. Di mana terpidana S menjalani hukuman penjara selama 4 tahun sebagaimana putusan pengadilan," kata Zulkarnain.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved